Dasar Hukum Diwajibkannya Zakat Fitrah Menurut Al-Qur'an

Hadi Mulyono
Rabu 05 April 2023, 20:48 WIB
Dalil zakat fitrah. (Sumber : freepik.com/jcomp)

Dalil zakat fitrah. (Sumber : freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Rukun Islam setelah syahadat dan salat ialah zakat fitrah yang harus ditunaikan oleh setiap muslim laki-laki, perempuan, tua, muda bahkan bayi yang baru lahir.

Tujuan dari zakat fitrah selain untuk menyucikan jiwa juga membersihkan harta benda yang kita miliki. Sebab sebagian harta yang dimiliki setiap insan merupakan titipan dan ada hak bagi orang yang membutuhkan.

Diwajibkannya zakat bukan tanpa dasar yang kuat. Allah Swt sendiri yang memerintahkannya sebagaimana termaktub dalam beberapa ayat Al-Qur'an.

Baca Juga: Hukum Zakat Fitrah Pakai Uang, Benarkah Diperbolehkan?

1. Surah At-Taubah ayat 60

إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَآءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Innamaṣ-ṣadaqātu lil-fuqarā`i wal-masākīni wal-'āmilīna 'alaihā wal-mu`allafati qulụbuhum wa fir-riqābi wal-gārimīna wa fī sabīlillāhi wabnis-sabīl, farīḍatam minallāh, wallāhu 'alīmun ḥakīm.

Baca Juga: 8 Golongan Penerima Zakat, Fakir, Miskin hingga Para Mualaf

Artinya: "Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. At Taubah, 9 : 60).

2. Surah At-Taubah ayat 71

وَٱلْمُؤْمِنُونَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ ٱللَّهُ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Baca Juga: Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah, Catat dan Jangan Sampai Terlewat Ya!

Wal-mu`minụna wal-mu`minātu ba'ḍuhum auliyā`u ba'ḍ, ya`murụna bil-ma'rụfi wa yan-hauna 'anil-mungkari wa yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa yu`tụnaz-zakāta wa yuṭī'ụnallāha wa rasụlah, ulā`ika sayar-ḥamuhumullāh, innallāha 'azīzun ḥakīm.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini