Hukum, Niat dan Tata Cara Shalat Lailatul Qadar pada Bulan Ramadan

Hadi Mulyono
Jumat 14 April 2023, 12:51 WIB
Niat dan Tata Cara Shlat Lailatul Qadar. (Sumber : pexels.com/Pir Sümeyra)

Niat dan Tata Cara Shlat Lailatul Qadar. (Sumber : pexels.com/Pir Sümeyra)

LABVIRAL.COM - Salah satu amalan yang sangat dianjurkan saat Ramadan adalah mengerjakan shalat Lailatul Qadar yang pahalanya berkali-kali lipat.

Dalam Surah Al Qadr, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut nilainya sebanding dengan 1.000 bulan. Maka dari itu jika seseorang beribadah pada malam itu maka pahalanya seakan ia telah melakukan amal kebaikan selama 84 tahun.

"Barang siapa yang bangun (dari tidur) untuk beribadah pada malam Lailatul Qadar dengan keimanan dan rasa ikhlas karena Allah semata, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaqun 'alaihi).

Baca Juga: 4 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Ketika Para Malaikat Turun ke Bumi

Di antara sekian banyak amal ibadah, shalat Lailatul Qadar bisa menjadi pilihan agar malam penuh berkah itu tidak terlewatkan dengan sia-sia. Bagaimana caranya? Simak sampai habis ya!

Hukum dan niat shalat Lailatul Qadar

Shalat ini hukumnya sunnah sehingga apabila tidak dikerjakan maka tidak berdosa namun bila dikerjakan makan akan mendapat pahala berlipat ganda.

Baca Juga: 2 Doa Malam Lailatul Qadar Sesuai Hadis, Amalkan di 10 Malam Terakhir Ramadan

Syekh Utsman Al-Khaubawi dalam kitab Durratun Nashin fil Wa'zhi wal Irsyad menjelaskan bahwa salah satu keutamaan salat yang satu ini adalah diampuninya segala dosa.

Adapun niat shalat Lailatul Qadar secara lengkap, Arab, latin dan terjemahan adalah sebagai berikut:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini