Waktu Mengerjakan Shalat Tahiyatul Masjid, Benarkah Harus Sebelum Duduk?

Hadi Mulyono
Senin 01 Mei 2023, 08:58 WIB
Ilustrasi salat sunnah tahiyatul masjid. (Sumber : unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Ilustrasi salat sunnah tahiyatul masjid. (Sumber : unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

LABVIRAL.COM - Setiap muslim disunnahkan untuk mengerjakan shalat tahiyatul masjid setiap kali memasuki rumah Allah tersebut.

Rasulullah saw bersabda, "Apabila seseorang di antara kamu masuk ke dalam masjid, maka hendaklah ia melakukan shalat dua rakaat sebelum duduk." (HR. Bukhari).

Lalu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya!

Baca Juga: Inara Rusli Puasa dan Salat Malam untuk Kekacauan Pernikahannya dengan Virgoun

Waktu untuk mengerjakan shalat tahiyatul masjid

Sesuai dengan penjelasan sejumlah hadis, para ulama sepakat bahwa waktu yang tepat menunaikan shalat sunnah ini adalah ketika seseorang masuk ke dalam masjid sebelum duduk, baik siang maupun malam hari.

Bahkan ketika seorang muslim masuk ke masjid saat khotbah sholat Jumat berjalan misalnya, ia tetap disunnahkan untuk mengerjakan shalat tahiyatul masjid.

Dikutip dari situs resmi Muhammadiyah pada Senin, 1 Mei 2023, shalat sunnah pada waktu tersebut dianjurkan untuk dipercepat pelaksanaannya.

Baca Juga: Hukum Membaca Doa Qunut Salat Witir Jelang Berakhirnya Bulan Ramadan

Namun apabila khotbah hampir selesai, justru sebaiknya tidak perlu mengerjakan shalat tahiyatul masjid melainkan segera duduk untuk mendengarkan penyampaian khatib.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini