Cara Pendaftaran Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc HAM Mahkamah Agung 2023

Annisa Fadhilah
Selasa 09 Mei 2023, 11:12 WIB
Ilustrasi macam-macam hakim menurut Islam. (Sumber : pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Ilustrasi macam-macam hakim menurut Islam. (Sumber : pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

LABVIRAL.COM - Komisi Yudisial (KY) telah membuka pendaftaran calon hakim agung dan calon hakim ad hoc Hak Asasi Manusia (HAM) di Mahkamah Agung tahun 2023. Pendaftaran sudah dibuka sejak Senin, 8 Mei hingga 29 Juni 2023. 

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah, seleksi ini sesuai permintaan MA untuk mengisi posisi 10 calon hakim agung dan 3 calon hakim ad hoc HAM di MA yang kosong. 

Dia mengatakan MA membutuhkan 1 hakim agung Kamar Perdata, 8 hakim agung Kamar Pidana, dan 1 hakim agung Kamar Tata Usaha Negara khusus pajak, serta 3 hakim ad hoc HAM di MA.

Baca Juga: 3 Macam Hakim Berdasarkan Hadis Nabi, Hanya Satu yang Masuk Surga

"KY mencari calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA yang memiliki integritas dan kepribadian tidak tercela, adil, profesional, dan berpengalaman di bidang hukum,” jelas Siti dalam konferensi pers diikutip pada Selasa (9/5/2023). 

Siti menuturkan bahwa pendaftaran calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA dilakukan secara daring melalui laman rekrutmen.komisiyudisial.go.id. 

Pendaftar dapat membaca detail persyaratan di laman tersebut. Berkas-berkas terkait persyaratan, kata dia, dapat dipindai dan disimpan dalam format PDF lalu diunggah di laman tersebut.

KY, kata dia, tidak melayani pendaftaran secara langsung di kantor KY

Siti juga menuturkan calon yang sudah mengikuti seleksi sebanyak dua kali berturut-turut tidak dapat mengikuti seleksi kali ini. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
News

Hakim Vonis Sugi Nur 6 Tahun Penjara

Kamis 20 April 2023, 12:20 WIB
Hakim Vonis Sugi Nur 6 Tahun Penjara
Berita Terkini