Phobia Seks Bisa Sembuh Gak Sih?

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 07 Juni 2023, 23:29 WIB
Phobia Seks Bisa Sembuh Gak Sih? (FOTO: Freepik.com)

Phobia Seks Bisa Sembuh Gak Sih? (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM – Phobia seks atau disebut erotophobia adalah keadaan dimana penderitanya kerap merasa khawatir hingga takut saat berhubungan intim. Keadaaan ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, tapi apakah phobia seks bisa sembuh?

Sebelum menyembuhkan phobia seks atau erotophobia ini, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab phobia seks.

Baca Juga: Penyebab Phobia Seks, dari Karena Malu pada Bentuk Tubuh Hingga Kalah Durasi Bertahan

Dokter G. Maria Silvia, M.Sc, SpMK melalui chanel Youtube Dokter 24 yang dikutip Labviral.com, merinci beberapa keadaan yang memicu phobia seks ini:

  • Trauma akibat kekerasan seksual
  • Rasa malu akan bentuk tubuh
  • Cemas akan kemampuan berhubungan seksual
  • Ketakutan akan penularan penyakit tertentu misalnya HIV dan infeksi menular seksual lainnya.

Keempat keadaan diatas, bisa membawa penderitanya masuk kedalam sebuah ketakutan yang umumnya dirasakan saat berada diatas ranjang. Momen yang banyak disukai pasangan ini, kemudian menjadi horror karena beberapa trauma.

Baca Juga: 5 Jenis Phobia Seks, dari Takut Berciuman Hingga Takut Penetrasi

Mari kita lihat beberapa jenis phobia seks.

  • Genophobia/Coitophobia: Rasa takut akan penetrasi. Dimana penderitanya masih bisa dapat menikmati seks saat roleplay seperti berpelukan atau berciuman, tapi takut melakukan penetrasi.
  • Paraphobia: Orang dengan phobia seks jenis paraphobia, akan menganggap hubungan seks adalah sebuah tindakan menyimpang dan menodai diri mereka sendiri.
  • Haphephobia atau Chiraptophobia: Rasa takut disentuh lawan jenis.
  • Gymnophobia: Takut tampil telanjang atau melihat orang lain telanjang.
  • Philematophobia: Takut berciuman. Kondisi ini sering dikaitkan dengan masalah fisik, misalnya takut dengan kuman atau bau mulut.

Jika kamu mengalami salah satu dari gangguan phobia seks di atas, kamu tak perlu terlalu khawatir. Kata Dokter Silvia, kamu cukup menghilangkan pemicu atau penyebabnya saja, maka phobia seks atau erotophobia ini perlahan-lahan akan menghilang dan kamu bisa menikmati kehidupan seks yang lebih sehat, jauh dari rasa khawatir dan takut.

Baca Juga: Mengenal Phobia Seks, Rasa Takut Berhubungan Intim yang Picu Masalah Serius Soal Ranjang

“Kondisi ini bisa disembuhkan. Penanganannya bisa disesuaikan dengan penyebab yang menyertainya. Karenanya jika anda mengalami gejala phobia seks, segera konsultasikan dengan psikolog atau psikeater,” katanya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini