Sejarah Singkat Sepak Bola: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Haris Ma'ani
Rabu 05 April 2023, 08:57 WIB
Tim Uruguay mencetak gol pertama di laga final Piala Dunia melawan Argentina, di Montevideo, Uruguay, 10 Juli 1930.  (Sumber : AP Images via Britannica.com)

Tim Uruguay mencetak gol pertama di laga final Piala Dunia melawan Argentina, di Montevideo, Uruguay, 10 Juli 1930. (Sumber : AP Images via Britannica.com)

LABVIRAL.COM- Permainan 11 vs 11 pemain ini menjadi olahraga paling populer saat ini.

Hampir semua manusia di Bumi ini mengenal sepak bola. Soccer, biasa orang Amerika menyebut, untuk membedakannya dengan American Football, berkembang pesat melewati zaman.

Sejarah sepak bola pun menjadi menarik diikuti. Dikutip dari thepfsa.co.uk dan britannica.com, berikut kisah menarik sepak bola.

Baca Juga: Klub Liga Arab siap Datangkan Lionel Messi, Tawarkan Gaji Lebih Tinggi dari Ronaldo

Asal usul sepak bola

Asal-usul sepak bola dapat dibagi menjadi dua kategori: sejarah kontemporer dan sejarah klasik.


Benarkah sepak bola dari Inggris?

Asal muasal sepak bola modern dimulai di Inggris lebih dari 100 tahun yang lalu, pada tahun 1863. Dulunya permaian rugbi dan sepak bola dianggap sama. Sebelum pada akhirnya kedua cabang olahraga ini memiliki induk organisasi masing-masing.

Baca Juga: Ronaldo bikin Brace di Liga Arab, Lionel Messi malah Kalah


Sepak bola di awal abad ke-3 SM

Literatur sejarah menyebutkan, sebenarnya sudah banyak orang memainkan sepak bola ribuan tahun lalu, tetapi tidak semua permainan itu dapat dikenali sebagai apa yang kita anggap sepak bola hari ini.

Di wilayah China, pada awal abad ketiga SM, disebutkan tentang permainan yang menyerupai sepak bola dalam militer mereka.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini