Tips Membentuk Mental Sportif Ala David Jacob, Atlet Disabilitas Berprestasi Indonesia

Dian Eko Prasetio
Selasa 14 Maret 2023, 15:40 WIB
Atlet disabilitas berprestasi Indonesia, David Jacob (Sumber : Instgaram/@dabidjacobs_tabletennis77)

Atlet disabilitas berprestasi Indonesia, David Jacob (Sumber : Instgaram/@dabidjacobs_tabletennis77)

LABVIRAL.COM - Kalah atau menang dalam sebuah pertandingan adalah hal biasa. Namun, faktanya tidak semua yang bertanding bisa menerima kekalahan. Banyak kasus keributan terjadi setelah usai pertandingan.

Padahal setiap olahragawan harus memiliki sikap sportif, menerima segala konsekuensi dalam sebuah pertandingan yang dijalaninya. Sikap sportif ternyata bisa dilatih, dan itu merupakan hal penting bagi semua calon olahragawan.

Tapi, bagaimana cara melatihnya? Berikut Labviral.com bagikan tips melatih mental sportif ala Dian David Michael Jacob atau yang lebih akrab disapa David Jacobs.

Baca Juga: 5 Olahraga Cocok untuk Penderita Obesitas, Menyehatkan dan Aman dari Cedera

Baca Juga: 5 Olahraga yang Ampuh Menghilangkan Stres, dari Jalan Santai sampai Bersepeda

Tips Menata Mental Juara

David Jacob, merupakan seorang atlet para tenis meja yang memiliki keterbatasan pada tangannya. Namun, di balik keterbatasannya tersebut, David Jacob justru mampu menjadi atlet luar biasa dengan berbagai macam prestasi membanggakan.

David Jacob membagian beberapa tips menata mental agar dapat menjadi olahragawan yang memiliki sikap sportif tinggi dalam menyikapi kemenangan atau kekalahan saat bertanding.

"Setiap pertandingan pasti akan dihadapkan dengan kemenangan dan kekalahan. Kalau mau jadi seorang atlet atau olahragawan yang baik dan handal itu tidak boleh gampang putus asa," jelas David.

"Jadi, kalo kalah sebaiknya jadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih giat lagi. Dan jika menang, juara tidak boleh sombong, jangan cepat puas, harus tetap latihan dan evaluasi untuk terus meningkatkan kemampuan fisik maupun teknik."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini