Belajar dari Jepang, Erick Thohir: Indonesia Miliki Peluang Majukan Sepak Bola

Dian Eko Prasetio
Selasa 14 Maret 2023, 21:02 WIB
Erick Thohir saat menyerahkan berkas pendaftaran Ketum PSSI di Kantor PSSI (Sumber : twitter/erick thohir)

Erick Thohir saat menyerahkan berkas pendaftaran Ketum PSSI di Kantor PSSI (Sumber : twitter/erick thohir)

LABVIRAL.COM - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir optimis prestasi sepak bola Indonesia akan lebih kuat apabila memiliki cetak biru (blue print) untuk 100 tahun ke depan. .

Erick menjelaskan, blue print akan membimbing Indonesia untuk terus melangkah secara konsisten ke arah yang tepat. Dia juga yakin blue print dapat membangun sepak bola yang kuat.

Menteri BUMN itu mengatakan, blue print untuk sepak bola sudah diterapkan Jepang dan sukses. Kini, negara yang pernah belajar sepak bola ke Indonesia tersebut, justru mencatatkan prestasi luar biasa di Asia, bahkan masuk ke jajaran tim nasional elit di Piala Dunia. 

Erick berbagi pandangannya tersebut melalui unggahan di Instagram, @erickthohir pada Selasa (31/1/2023). 

Menurutnya, Jepang telah lama memiliki Blue Print 100 tahun sepakbolanya. Mereka bahkan mengirim timnya untuk datang ke Indonesia dan melihat Liga Indonesia. 

Baca Juga: 10 Artis Ini Pindah Agama dari Kristiani Menjadi Muslimah. Siapa Saja?

“Artinya apa? Ada sesuatu continuity yang harus bersamaan. Ini yang kita harapkan juga. Kita harus punya blue print. Jepang punya blue print 100 tahun sepak bolanya. Emang dia mikirin, siapa PM (perdana menteri) – nya, siapa menporanya, siapa ketua PSSI – nya. Tidak. Kenapa? Karena ini (sepak bola) bukan politik. Ini adalah olahraga,” tegas Erick.

Sepak Bola Berbudaya

Dia menambahkan, Jepang mengkombinasikan sepak bola dengan budaya mereka. Budaya yang tumbuh di negara dan masyarakatnya diterapkan pada sepak bolanya. Itu berlaku pada pemainnya, bahkan hingga pada para suporternya. 

Budaya Jepang diterapkan para pemainnya dengan bermain tim, bukan individual. Semetara para suporternya telah mengejutkan publik global melalui perilaku terhormat mereka dengan membersihkan tempat mereka menonton sepak bola. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini