Apa Saja Ciri-ciri Asam Urat? Yuk Kenali Gejala, Faktor Penyebab, dan Proses Penanganannya

Sunardi
Selasa 16 Mei 2023, 17:58 WIB
Ilustrasi seseorang yang sedang sakit asam urat. (Sumber : Freepik.com/Lifestylememory)

Ilustrasi seseorang yang sedang sakit asam urat. (Sumber : Freepik.com/Lifestylememory)

LABVIRAL.COM - Salah satu penyakit yang sering diderita banyak orang adalah asam urat. mengenali ciri-ciri asam urat ini memang penting. Selain bisa mengetahui sejak dini, ciri-ciri asam urat yang sudah diketahui memang punya manfaat tersendiri.

Penyakit ini merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan. Selain itu, ada juga pembengkakan dan panas di area persendian.

Selain itu, asam urat juga bisa dipahami seabagai hasil samping dari metabolisme purin di dalam tubuh. Normalnya, asam urat akan larut dalam darah dan dikeluarkan melalui ginjal.

Namun, ketika terjadi peningkatan produksi asam urat atau penurunan kemampuan ginjal untuk membuangnya, maka kadar asam urat dalam darah dapat meningkat dan membentuk kristal yang menumpuk di sendi.

Baca Juga: Apa Itu Asam Urat? Yuk Kenali Penyebabnya

Baca Juga: Yang Punya Asam Urat, Coba Tekan dengan Seks Teratur


Ciri-ciri Asam Urat

Ciri-ciri asam urat ini memang harus diketahui sejak dini. Pasalnya, jika suah mengetahui terkena asam urat, maka segera lakukan pengobatan.

Asam urat merupakan kondisi medis yang ditandai dengan penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh, terutama pada sendi. Kelebihan asam urat ini dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi, seringkali mempengaruhi sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut, dan sendi lainnya.

Ciri-ciri asam urat bisa dimulai dari adanya rasa nyeri pada sendi yang intens. Biasanya pada jempol kaki yang serung terjadi, dan bisa juga di sendi bagian manapun

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini