Hati-hati! Inilah 5 Bahaya Kolesterol Tinggi bagi Tubuh

Sunardi
Kamis 25 Mei 2023, 10:34 WIB
Bahaya kolesterol tinggi adalah gejala stroke. (Sumber : Pinterst/Filterhub)

Bahaya kolesterol tinggi adalah gejala stroke. (Sumber : Pinterst/Filterhub)

LABVIRAL.COM - Kolesterol kerap menjadi momok bagi masyarakat. Kolesterol dianggap membahayakan kesehatan. Hal ini hal yang dapat dimaklumi, karena ada sederet bahaya kolesterol tinggi bagi tubuh.

Akan tetapi, kolesterol sendiri sebenarnya adalah zat yang diperlukan oleh tubuh. Tanpa kolesterol, tubuh tak bisa melakukan metabolisme dengan baik. Namun tetap saja, jika tak diawasi, ada berbagai bahaya yang bisa timbul dari kolesterol yang tinggi.

Bahaya kolesterol bagi tubuh dapat muncul apabila kita tidak melakukan gaya hidup yang sehat. Jika kita makan makanan yang berlemak, merokok, dan jarang olahraga, tentu risiko terkena penyakit akibat kolesterol yang tinggi akan meningkat.

Baca Juga: Tak Selalu Jahat, Berikut 4 Fungsi Kolesterol bagi Tubuh yang Jarang Disadari

Baca Juga: 9 Makanan Penurun Kolesterol, dari Ikan Salmon hingga Buah-buahan

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui berbagai bahaya kolesterol yang tinggi. Berikut kami sajikan deretan bahaya kolesterol bagi tubuh.

1. Penyakit Jantung

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan jantung.Ilustrasi pemeriksaan kesehatan jantung. (Freepik.com/senivpetro)

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke jantung akan terganggu, sehingga menimbulkan penyakit jantung. Penyakit yang dapat muncul di antaranya gagal jantung dan aritmia.

2. Stroke

Bahaya kolesterol tinggi adalah gejala stroke.Bahaya kolesterol tinggi adalah gejala stroke. (Pinterst/Filterhub)

Apabila penyempitan pembuluh darah terjadi di otak, komplikasi yang dapat muncul ialah stroke. Stroke terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga penderitanya menjadi kehilangan fungsi gerak tubuhnya, bahkan meninggal.

3. Penyakit Pembuluh Darah Perifer

Ilustrasi sel darah merah yang ada di dalam tubuh manusia.Ilustrasi sel darah merah yang ada di dalam tubuh manusia. (Pixabay.com/swiftsciencewriting)

Pembuluh darah perifer mengalirkan darah ke anggota gerak tubuh, seperti tangan dan kaki. Jika terjadi penyumbatan kolesterol, maka akan timbul rasa nyeri, mati rasa, luka sulit sembuh, hingga infeksi pada anggota gerak tubuh tersebut.

4. Batu Empedu

Ilustrasi batu empeduIlustrasi batu empedu. (iStockPhoto/Rasi Bhadramani)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini