5 Buah-buahan Ini Baik untuk Atasi Kolesterol

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:19 WIB
Ilustrasi, buah-buahan untuk atasi kolesterol

Ilustrasi, buah-buahan untuk atasi kolesterol

LABVIRAL.COM - Kolesterol tinggi tidak boleh disepelekan. Sebab, bisa menjadi tanda bahaya yang memicu berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung hingga stroke.

Kolesterol tinggi muncul karena pola makan yang buruk. Penderita kolesterol pun disarankan untuk melakukan diet yang seimbang dan sehat.

Orang yang mengidap kolesterol tinggi disarankan mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti buah-buahan. Lalu, buah-buahan seperti apa yang bagus buat penderita kolesterol? Berikut lima buah-buahan yang baik bagi pengidap kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: Bikin Garuk-Garuk Kepala, Apakah Kutu dan Ketome Sama?

Apel

Buah penurun kolesterol pertama adalah apel. Buah Apel memiliki kandungan serat larut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian dari European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari, memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan peserta penelitian yang mengkonsumsi jus apel bening yang seratnya dihilangkan.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Perlu Dihindari Agar Asam Urat Tak Kambuh

Alpukat

Alpukat diklaim sebagai buah penurun kolesterol. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

"Alpukat memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal  lebih banyak, dibanding lemak tak jenuh ganda yang sangat baik," ungkap Ahli Diet dari Mayo Clinic, Emily Schmidt, dikutip pada Rabu (2/2/2023). 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini