5 Makanan dan Minuman Perlu Dihindari Agar Asam Urat Tak Kambuh

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:12 WIB
Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

LABVIRAL.COM - Asam urat merupakan jenis peradangan sendi yang disebabkan terlalu tingginya kadar asam urat karena purin di dalam darah, disertai nyeri sendi di jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut.

Dilansir dari laman Everyday Health oleh LABVIRAL.com, purin merupakan senyawa alami pada beberapa makanan. Setelah tubuh seseorang menerima asupan purin, maka purin ini menghasilkan limbah berupa asam urat.

Agar tubuh tidak terus-menerus alami asam urat karena makanan, lalu apa saja makanan hingga minuman yang perlu dihindari, agar asam urat tidak kambuh lagi?

Baca Juga: 5 Pahala Membaca Surah Yasin di Malam Jumat Lengkap dengan Dalilnya

Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi, masuk ke dalam daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat, karena mengandung tinggi zat purin.

Sebagai alternatif, Profesor University of Texas Southwestern Medical School, Lona Sandon menyarankan bahwa penderita asam urat untuk mengonsumsi daging unggas putih, untuk penuhi kebutuhan protein

"Daging unggas tidak memiliki efek negatif, dibandingkan dengan daging merah," kata Lona, dikutip dari Everyday Health oleh Labviral.com.

Baca Juga: Tidak Pernah Rugi, Berikut 6 Kunci Bisnis Ala Nabi Muhammad SAW

Makanan laut

Makanan laut atau seafood mengandung zat purin yang tinggi, termasuk ikan. Ikan yang harus dihindari orang bila terkena asam urat adalah ikan teri, ikan kod, herring, makarel, telur ikan, dan sarden.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini