Pentingnya Jus Buah Bit untuk Meningkatkan Kinerja Otak pada Lansia

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:55 WIB
Ilustrasi Jus Buah Bit

Ilustrasi Jus Buah Bit

LABVIRAL.COM - Penting sekali bagi para lansia (lanjut usia) untuk bisa menjaga kebugaran mereka. Agar bisa tetap selalu tampil bugar, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan sangat perlu dilakukan. 

Selain bugar, aktivitas fisik ini memiliki efek yang positif untuk kesehatan otak. Bahkan, selain melakukan aktivitas fisik, minum jus buah bit sebelum berolahraga sangat disarankan untuk dapat lebih meningkatkan kinerja otak.

Dikutip Labviral.com dari laman Ndtv, para peneliti menyarankan bahwa mengonsumsi jus buah bit sebelum melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat membantu kinerja otak lansia. 

Baca Juga: Bisa Diatasi di Rumah, Begini Cara Mengobati Perut Kembung

Dalam penelitian tersebut, lansia yang meminum jus buah bit dapat menunjukkan konektivitas yang lebih besar di daerah otak yang terkait dengan fungsi motorik, dibandingkan lansia yang tidak meminum jus buah bit.

Buah bit sendiri merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki warna merah gelap mengandung kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, B6 dna C, asam folat, karbohidrat, protein, antioksidan dan serat larut.

Selain itu, sebuah studi pada 2010 mengungkapkan, bit sangat populer karena manfaat kesehatannya. Karena dapat menurunkan tekanan darah, mengalirkan darah ke otak pada orang tua yang dapat mencegah demensia. 

Baca Juga: Diet Nabati Kurangi Risiko Kanker Usus hingga 22 Persen

Studi yang terdiri dari 26 peserta dengan rentang usia 55 tahun ke atas itu dilakukan kepada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini