5 Manfaat Ajaib dari Makanan Pedas, Rugi kalau Belum Tahu

Ananta
Rabu 15 Maret 2023, 22:28 WIB
Makanan pedas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh (Sumber : Freepik.com)

Makanan pedas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Suka makan pedas tapi takut? Tenang! Walaupun masyarakat awam masih menganggap kalau makanan pedas buruk bagi kesehatan perut. Setelah ini kamu jangan ragu lagi untuk mengonsumsi makanan pedas ya! Ternyata makanan pedas bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, lho.

Cabai sebagai sumber rasa pedas memiliki kandungan capsaicin yang sangat efektif menjaga kekebalan tubuh. Selain memelihara sistem imun, makanan pedas juga punya lima manfaat lainnya.

1. Risiko penyakit jantung bisa dikurangi dengan memakan kuliner pedas

Kandungan capsaicin pada makanan pedas dapat mempengaruhi pembuluh darah dan membuatnya melebar, sehingga ampuh dalam menurunkan tekanan darah. Capsaicin juga bisa membantu mencegah pembekuan darah.

Selain itu, cabai yang terkandung dalam makanan juga bisa membantu mengatasi kerusakan pembuluh darah, serta menurunkan kadar kolesterol sehingga efektif dalam mencegah terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga: Tanaman Herba Serba Bisa, Berikut 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Kamu

2. Studi membuktikan kalau makanan pedas mengurangi risiko kematian dini

Studi yang dilakukan Chinese Academy of Medical Sciences dan Harvard School of Public Health melihat kebiasaan makan 500.000 orang yang berusia 30-79 di China selama periode lima tahun. Mereka menemukan orang-orang yang mengonsumsi makanan pedas 6-7 kali seminggu bisa menurunkan risiko kematian dini.

Tentu saja ini berkaitan dengan hasil yang didapat, berupa hati yang sehat dan menurunkan risiko penyakit lainnya. Mengonsumsi makanan pedas, secara tidak langsung bisa menjaga kesehatan juga.

3. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, makanan pedas juga bisa membantu lho

Makanan pedas ternyata mampu meningkatkan panas tubuh, sehingga membantu meningkatkan metabolisme hingga lima persen, serta meningkatkan pembakaran lemak hingga 16 persen. Hal ini membuktikan kalau tubuh bisa membakar kalori lebih cepat.

Baca Juga: 7 Manfaat Kopi bagi Kesehatan, dari Menurunkan Berat Badan hingga Mencegah Kanker

4. Ternyata pertumbuhan sel kanker bisa dihambat dengan menyantap makanan pedas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini