Benarkah Tidur Miring ke Kiri Berbahaya bagi Jantung?

Sunardi
Kamis 16 Maret 2023, 11:54 WIB
Bahaya tidur miring ke kiri. (Sumber : Freepik/fxquadro)

Bahaya tidur miring ke kiri. (Sumber : Freepik/fxquadro)

LABVIRAL.COM - Tidur merupakan bagian penting dari siklus kehidupan manusia. Salah satu yang harus diperhatikan adalah waktu dan posisi saat tidur. Terkait posisi tidur, akhir-akhir ini banyak yang bertanya benarkah tidur miring ke kiri berbahaya bagi jantung?

Melansir situs healthline, bahwa ada penelitian yang menemukan beberapa bukti jika tidur miring ke kiri dapat meningkatkan tekanan pada jantung. Penelitian tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 1997.

Hasil penelitian itu menyatakan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan perubahan nyata pada aktivitas listrik jantung. Perubahan pada aktivitas listrik jantung itu diukur dengan alat elektrokardiogram.

Selain itu, penelitian terbaru pada tahun 2018 juga menemukan hasil yang serupa. Jika orang tidur ke kiri dapat menyebabkan jantung bergeser dan berputar.

Dengan hasil penelitian seperti itu, apakah kemudian berarti bahwa dengan tidur miring ke kiri dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung?

Masih merujuk sumber sama, bahwa tidur berbaring ke kiri memang dapat mengubah listrik di jantung. Namun, sampai saat ini belum ada bukti bahwa hal tersebut dapat membahayakan kesehatan jantung.

Baca Juga: Ingin Tubuh Makin Sehat? Yuk, Ikuti 7 Cara Tidur ala Rasulullah Ini

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Miring ke Kanan, Jaga Kesehatan Organ Penting

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Tidur, Salah Satunya Jangan Minum Kopi Sesudah Jam 2 Siang

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini