6 Penyebab Susah Bangun Pagi yang Perlu Kamu Tahu, dari Depresi hingga Gangguan Tiroid

Sunardi
Jumat 16 Juni 2023, 20:31 WIB
Ilustrasi seseorang yang susah bangun tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang yang susah bangun tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Apakah kamu sering merasa sulit untuk bangun pagi? Bangun pagi yang sulit bisa menjadi masalah yang mengganggu produktivitas dan kualitas hidup kita. Hal ini tentu bisa ketahui penyebab dan gejalanya.

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan bangun pagi secara terus-menerus, tanpa mengetahui penyebabnya. Tidak bisa bangun pagi bisa mengindikasikan bahwa kamu sedang mengalami dysania.

Kondisi dysania merupakan rasa lelah dan kurang tidur yang mengakibatkan seseorang bisa sulit bangun dari tempat tidur. Meski sudah membuka mata lebar-lebar di pagi hari, terkadang kondisi ini bisa membutuhkan waktu sampai 2 jam atau lebih untuk bisa meninggalkan kasur.

Baca Juga: 4 Cara Melewati Polisi Tidur Pakai Motor Matic Supaya Tetap Aman

Baca Juga: Apa Itu Insomnia? Ikuti Tips Berikut Supaya Anda Tidur Nyenyak

Kondisi dysania berbeda dengan malas. Dysania lebih mengarah pada kemampuan kronos untuk meninggalkan tempat tidur. Sementara, rasa malas lebih ke sikap menunda-nunda sesuatu.

Penyebab susah bangun pagi yang perlu diketahui

Ilustrasi seseorang yang susah bangun tidur.Ilustrasi seseorang yang susah bangun tidur. (Freepik.com/pressfoto)

1. Alami depresi

Penyebab pertama kondisi dysania adalah depresi.
Depresi dan dysania saling terkait satu sama lain. Seseorang yang mengalami depresi bisa berujung dengan perasaan kantuk, dan sulit untuk beranjak dari tempat tidur.

2. Kondisi ME/CFS

Kondisi ME/CFS atau Myalgic encephalomyelitis/chronic fatigue syndrome
merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami perasaan lelah terus menerus. Seseorang akan merasa membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang daripada yang lainnya.

3. Perasaan sedih

Faktor penyebab susah bangun dari tidur berikutnya adalah perasaan sedih. Beberapa orang yang sedang memiliki kesedihan mendalam juga berisiko mengalami dysania atau susah bangun.

4. Gangguan tidur

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini