Ternyata Kelebihan Vitamin A Berbahaya, Bisa Berdampak Buruk pada Janin

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 20:37 WIB
Ilustrasi, vitamin A

Ilustrasi, vitamin A

LABVIRAL.COM - Seperti yang diketahui, vitamin merupakan asupan nutrisi yang paling penting untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, kelebihan atau terlalu banyak mengonsumsi berbagai jenis vitamin atau hipervitaminosis juga tidak baik untuk tubuh.

Adapun beberapa jenis vitamin yang baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu vitamin A

Vitamin A adalah vitamin over the counter (OTC) yang secara alami dapat ditemukan pada beragam makanan. Manfaat dari mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A adalah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan nbermanfaat pada kesehatan mata. 

Baca Juga: Tertarik Bisnis Sektor Pendidikan? Berikut 5 Usaha yang Bisa Kamu Hadirkan

Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan ginjal.

Labviral.com mengutip dari laman odishatv, terdapat dua jenis vitamin A, yaitu vitamin A preformed dan Provitamin A. Vitamin A preformed dapat ditemukan pada daging, unggas, ikan dan produk susu. Sedangkan, Provitamin A dapat ditemui di dalam buah-buahan, sayuran dan produk nabati lainnya.

Akan tetapi, bila vitamin A dikonsumsi secara berlebihan juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja ya?

Baca Juga: Catat! 4 Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Nah, berikut ini dampak yang terjadi pada tubuh jika terlalu banyak vitamin A, yuk disimak!

  1. Efek samping dari overdosisi vitamin A dapat menyebabkan perasaan mual, muntah, vertigo, nyeri tulang, kepekaan terhadap cahaya terang dan penglihatan kabur.
  2. Makanan hewani yang kaya akan vitamin A, seperti hati dapat menyebabkan toksisitas (tingkat merusaknya suatu zat jika dipaparkan terhadap organisme) karena mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar dalam satu porsi. Dampaknya, akan menyebabkan iritasi kulit, rambut rontok, sakit kepala, kulit kering, kerusakan hati dan nafsui makan menurun dikarenakan efek samping dari toksisitas ini.
  3. Selanjutnya, vitamin A juga berdampak negatif pada perkembangan janin jika terlalu berlebihan dikonsumsi tanpa pengawasan.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini