5 Cara Membersihkan Babat Sapi yang Benar, Langkahnya Mudah dan Tidak Bau

Sunardi
Rabu 28 Juni 2023, 16:46 WIB
Babat sapi yang sudah dibersihkan. (Sumber : Instagram/dapur.mbokju)

Babat sapi yang sudah dibersihkan. (Sumber : Instagram/dapur.mbokju)

LABVIRAL.COM - Menjelang hari besar Idul Adha, muncul beragam pilihan untuk mengolah hasil kurban yang didapatkan. Salah satu bagian tubuh hewan kurban yang biasa dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah babat sapi.

Babat berasal dari lapisan perut sapi, yakni pada dinding otot perutnya. Untuk mengonsumsi babat, kamu perlu membersihkan terlebih dahulu organ tersebut, sehingga tidak memunculkan bau yang kurang sedap.

Membersihkan babat tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu perlu mengetahui berbagai teknik untuk melakukannya, sehingga babat benar-benar dalam keadaan bersih sebelum dimasak. Jika diolah dengan benar, babat akan lebih nikmat ketika disantap.

Untuk itu, kami sajikan deretan cara membersihkan babat sapi sebelum dikonsumsi. Simak dengan baik, ya!

Baca Juga: Hewan Kurban Kambing, Sapi dan Unta, Mana yang Paling Utama?

Baca Juga: Ucapan Hari Susu Sedunia 2023, Ungkapan Terima Kasih Pada Peternak Sapi di Seluruh Dunia

Cara Membersihkan Babat Sapi

Ilustrasi babat sapi yang siap dibersihkan.Ilustrasi babat sapi yang siap dibersihkan. (Instagram/toko_daging_sapi_lokal)

1. Membersihkan babat dari lemak dan kotoran

Langkah pertama tips membersihkan babat sapi adalah dengan membersihkan bagian lemak yang ada. Kamu perlu menggunakan pisau yang tajam untuk memisahkan bagian berlemak dari lapisan babat.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan babat dari kotoran lain yang bersarang di sela-sela permukaan babat. Kamu dapat menggunakan sikat gigi untuk menggosok babat hingga bersih dari kotoran. Hal ini dilakukan untuk memastikan babat tidak berbau nantinya.

2. Membilas babat

Setelah menggosok dan mengikis kotoran serta lemak di permukaan babat, langkah selanjutnya adalah membilasnya hingga bersih. Pada bilasan pertama, kamu bisa menggunakan air cuka, lalu dilanjutkan dengan air biasa. Ulangi bilasan ini hingga beberapa kali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini