5 Tips Mudah Atasi Ketombe, Jangan Mudah Stres Salah Satunya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 23:14 WIB
Ilustrasi, kepala gatal akibat ketombe

Ilustrasi, kepala gatal akibat ketombe

LABVIRAL.COM - Ketombe merupakan kulit kering dan bersisik yang mengelupas dari kulit kepala dan memberikan efek gatal. Ketombe menjadi masalah paling umum yang diderita banyak orang terkait kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Ahli gizi Lovneet Batra mengatakan, ketombe menjadi masalah utama dan umum rambut saat ini. Ini adalah kondisi yang menghasilkan serpihan pada kulit kepala, diikuti oleh rasa gatal pada kulit. 

"Berbicara secara ilmiah, ketombe adalah kondisi non-inflamasi dan kronis yang ditandai dengan masalah kulit dermatologis," katanya dikutip Labviral.com dari laman ndtv.

Baca Juga: 5 Jus Sehat yang Ampuh Mengatasi Rambut Rontok, Cobain Deh!

Batra mengungkapkan, ada banyak faktor penyebab seseorang bisa berketombe, misalnya kulit kepala berminyak, tidak rajin keramas bahkan diakibatkan pertumbuhan jamur di kulit kepala. 

"Kebersihan kepala buruk menyebabkan infeksi jamur, dermatitis seboroik, sensitif terhadap produk rambut, dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala," bebernya.

Meskipun ketombe menjadi masalah yang paling sulit ditangani, ada beberapa solusi untuk mengurangi gejala ketombe yang membuat seseorang tidak percaya diri ini.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Rumah yang Bersih dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Berikut Tips mengatasi ketombe dengan mudah, mari disimak!

1. Gunakan Handuk Katun

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini