4 Alasan Mengapa Rumah yang Bersih dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 23:09 WIB
Ilustrasi, rumah bersih

Ilustrasi, rumah bersih

LABVIRAL.COM - Banyak aspek di kehidupan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Salah satunya yaitu lingkungan tempat tinggal. Ketika rumah berantakan dan kotor, ternyata dapat berdampak negatif pada mental seseorang. lho. 

Tidak hanya itu, rumah yang berantakan dan kotor juga memicu rasa malas dan membuat tidak produktif di rumah. Jadi, ada baiknya untuk tetap menjaga lingkungan di rumah tetap bersih dan rapi, agar kesehatan mental tetap terjaga.

Ada sebuah penelitian telah menghubungan antara 'kekacauan' di rumah dengan stres dan kecemasan yang membebani kesehatan mental seseorang, berikut dampak negatifnya dilansir Labviral.com dari laman cnet, disimak ya!

Baca Juga: Ketahui Ini 5 Dampak Buruk Minum Susu untuk Kesehatan

1. Membuat Stres

Satu studi meneliti kadar kortisol (hormon stres) pada wanita dengan rumah berantakan dan menemukan mereka memiliki tingkat yang lebih tinggi daripada mereka yang tinggal di lingkungan yang lebih tertata dan rapi.

2. Membuat Malas 

Rumah yang berantakan membuat seseorang menjadi malas, menunda pekerjaan dan tidak produktif melakukan aktivitasnya. 

Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara banyaknya 'kekacauan' dan penundaan yang memberikan efek buruk pada kesehatan mental.

Baca Juga: Tak Peduli Musuh, Sia Ajak Para Pendengar Untuk Optimis Dalam Hidup Melalui Lirik Lagu Unstoppable

3. Sulit Fokus 

Ketika tinggal di rumah yang kotor dan tidak rapi otak mengalami kesulitan untuk mempersempit apa yang diinginkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ruang yang berantakan mencegah otak fokus dengan benar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini