Mengapa Orang yang Kurang Tidur Mudah Sakit? Begini Penjelasannya

Sunardi
Kamis 20 Juli 2023, 19:31 WIB
Ilustrasi seseorang yang susah tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang yang susah tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Tidur memang jadi salah satu aktivitas sehari-hari yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan tidur adalah sebuah cara mengistirahatkan badan setelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu, tidur jadi salah satu kebutuhan yang penting.

Kebutuhan tidur ini pada setiap orang memang berbeda-beda. Dinukil dari laman Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, menyebut bahwa untuk orang dewasa memerlukan waktu tidur antara 7-9 jam tiap malam. Sementara, untuk anak-anak memerlukan waktu tidur yang lebih lama yaitu 10-11 jam tiap malamnya.

Namun, dengan aktivitas dan kesibukan masing-masing orang, banyak yang masih mengalami kurang tidur. Alhasil, risiko kurang tidur pun bisa mengintai.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan? Ini Penjelasan Lengkapnya

Baca Juga: Apa Itu Insomnia? Ikuti Tips Berikut Supaya Anda Tidur Nyenyak

Risiko kurang tidur pada orang ini bisa macam-macam. Bahkan, paling parah bisa menimbulkan mudah sakit.

Berikut ini adalah beberapa dampak orang yang kurang tidur:

1. Sulit konsentrasi

Salah satu efek dari kurang tidur yang pertama yakni seseorang akan sulit untuk konsentrasi. Tidur bisa berperan penting dalam proses belajar dan berpikir seseorang. Namun, apabila seseorang kurang tidur, maka akan mengakibatkan kemampuan kognitifnya terganggu.

2. Mudah lupa

Dampak kedua dari kondisi kurang tidur yakni mudah lupa. Kondisi kurang tidur bisa mengganggu kemampuan otak untuk memproses dan menyimpan ingatan.

3. Berat badan meningkat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini