Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Sering Diabaikan

Sunardi
Jumat 21 Juli 2023, 20:21 WIB
Ilustrasi penyandang kanker. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi penyandang kanker. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Mengetahui ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang jarang disadari memang penting. Kita bisa menjaga kondisi kesehatan kita dan sebagai langkah antisipasi yang baik.

Kanker kelenjar getah bening atau disebut dengan limfoma merupakan jenis sistem limfatik yang dapat berkembang di berbagai bagian tubuh, termasuk kelenjar getah bening. Oleh karena itu, sangat penting mendeteksi kanker kelenjar getah bening.

Ada beberapa gejala atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang ditimbulkan, salah satunya adalah adanya pembengkakan organ di dalam tubuh. Namun, ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang jarang disadari lainnya.

Baca Juga: 6 Bahaya Obesitas bagi Kesehatan, dari Penyakit Jantung hingga Kanker

Baca Juga: 3 Manfaat Buah Naga Dalam Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening pertama yakni pembengkakan. Gejelan ini paling umum terjadi dari kanker kelenjar getah bening. Adanya pembengkakan ini umumnya berbentuk bulat, bergerak ketika disentuh, terasa lunak, dan tidak terasa. Namun, tidak semua gejala pembengkakan ini merupakan ciri-ciri kanker.

2. Demam

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening kedua yakni demam. Gejala ini akan menghasilkan zat kimia terlarut darah yang membuat suhu tubuh meningkat. Deam sebagai gejala kanker kelenjar getah bening ini juga dapat membuat penderitanya berkeringat.

3. Penurunan Berat Badan Drastis

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening lainnya yakni penurunan berat badan drastis tanpa adanya alasan tertentu. Gejala ini akan menggunakan energi dalam jumlah banyak untuk melawan sel-sel kanker yang ada.

4. Sesak Napas

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening berikutnya yakni Sesak Napas. Gejala ini muncul nyeri di bagian dada dan bisa menjadi kelenjar getah bening. Adanya pembengkakan kelenjar getah bening terutama di bagian dada ini berpotensi menekan saluran pernapasan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini