6 Bahaya Obesitas bagi Kesehatan, dari Penyakit Jantung hingga Kanker

Sunardi
Jumat 23 Juni 2023, 21:17 WIB
Ilustrasi seseorang sedang dalam kondisi obesitas. (Sumber : Freeepik.com/freepic.diller)

Ilustrasi seseorang sedang dalam kondisi obesitas. (Sumber : Freeepik.com/freepic.diller)

LABVIRAL.COM - Bahaya obesitas bagi kesehatan memang perlu kita ketahui. Obesitas bisa menimpa siapa saja. Terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kadar kalori yang tinggi.

Obesitas merupakan kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang berlebih. Terdapat beberapa dampak dan bahaya obesitas yang merugikan bagi kesehatan dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga menurunkan harapan hidup.

Seseorang bisa dikatakan dalam kondisi obesitas ketika mengukur tubuhnya dengan menggunakan rumus menghitung indeks massa tubuh (IMT/BMI) dengan rumus:

BMI = berat badan (kg) / (tinggi (m) x tinggi (m)

Seseorang akan dikatakan kelebihan berat badan apabila BMI lebih besar dari angka 25. Namun, jika angkanya mencapai 30 atau lebih, artinya sudah masuk dalam kategori obesitas.

Baca Juga: Apa Penyebab dan Faktor Risiko Obesitas?

Baca Juga: Fakta-fakta Muhammad Fajri Pemuda Obesitas yang Meninggal Dunia

Bahaya Obesitas bagi Kesehatan

Ilustrasi obesitas (freepik.com)Ilustrasi obesitas yang dialami oleh seseorang. (freepik.com)

1. Penyakit jantung dan stroke

Bahaya obesitas bagi kesehatan pertama adalah menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit penyakit jantung koroner sampai empat kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal.

Selain jantung risiko lainnya dari bahaya obesitas bagi kesehatan adalah penyakit stroke. Risiko ini bisa disebabkan oleh kondisi lemak berlebih yang bisa menyumbat darah.

2. Diabetes

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini