Apa Penyebab dan Faktor Risiko Obesitas?

Sunardi
Jumat 23 Juni 2023, 18:22 WIB
Ilustrasi seseorang alami obesitas. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang alami obesitas. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Salah satu kondisi yang sering menimpa seseorang adalah obesitas. Obesitas adalah kondisi ketika seseorang memiliki berlebihan lemak tubuh. Kondisi tersebut terjadi ketika asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh melebihi jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara untuk mengetahui atau mengklarifikasi terhadap kegemukan adalah dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMT). Metode tersebut biasanya sering digunakan untuk mengukur perbandingan antara berat badan (kilogram) dan tinggi badan (meter) kuadrat.

Bukan masalah penampilan saja, kondisi obesitas yang meningkatkan risiko berbagai penyakit. Obesitas dapat berdampak serius pada kesehatan dan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, dan

Baca Juga: Fakta-fakta Muhammad Fajri Pemuda Obesitas yang Meninggal Dunia

Baca Juga: Anak Obesitas, Jangan Tunda Penanganannya Ya!

hipertensi.

Lalu, apa yang menjadi penyebab obesitas?

Penyebab Obesitas

Ilustrasi seseorang yang berjuang melawan obesitas.Ilustrasi seseorang yang berjuang melawan obesitas. (freepik.com)

1. Pola Makan Tak Sehat

Salah satu faktor yang menjadi penyebab obesitas adalah pola makan tak sehat. Pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi kalori secara berlebihan, dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan obesitas.

Mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan yang mengandung banyak lemak dan gula tambahan juga berkontribusi pada risiko dan penyebab obesitas.

2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini