Apa Itu Vitiligo? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sunardi
Senin 24 Juli 2023, 18:25 WIB
Ilustrasi tangan yang terkena vitiligo. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi tangan yang terkena vitiligo. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu penyakit yang perlu dihindari adalah vitiligo. Penyakit ini bisa menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit yang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, umumnya kondisi ini menyasar seseorang yang berusia di bawah 20 tahun.

Menurut laporan halodoc.com, bahwa vitiligo dibagi menjadi dua kategori, yakni vitiligo menyeluruh yang menyerang kedua sisi tubuh dan vitiligo yang hanya terjadi pada bagian-bagian tertentu atau salah satu sisi tubuh saja.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali penyebab dan cara mengatasi penyakit vitiligo ini.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Polusi Udara

Baca Juga: 9 Penyebab Jerawat yang Wajib Diketahui, dari Pubertas hingga Kulit Terlalu Berminyak

Penyebab Vitiligo

Kondisi vitiligo bisa terjadi di kulit ketika seseorang tidak dapat memproduksi melanin. Senyawa tersebut memiliki fungsi untuk menentukan warna kulit dan bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang tidak memadai. Selain itu, hal tersebut juga bisa disebabkan seperti:

  • Adanya faktor keturunan
  • Seseorang mengidap penyakit autoimun seperti hipertiroidisme, diabetes atau penyakit Addison.
  • Mengalami kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari
  • Terkena bahan kimia tertentu

Itulah beberapa penyebab penyakit vitiligo. Tiap orang memiliki risiko terkena vitiligo. Namun, umumnya penyakit ini muncul pada seseorang yang berusia sebelum 20 tahun, atau bahkan terjadi saat masih kanak-kanak.

Gejala Vitiligo

Dalam penyakit vitiligo terdapat beberapa gejala yang bisa dikenali. Mulai dari munculnya bercak-bercak yang awalnya berwarna lebih muda dari kulit normal dan kemudian berubah menjadi putih.

Adanya bercak-bercak tersebut biasanya permanen dan lebih rentan terbakar sinar matahari. Selain itu, adanya bercak tersebut juga terkadang terasa gatal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini