Penyebab Sering Bersin di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Sunardi
Senin 24 Juli 2023, 21:24 WIB
Ilustrasi seseorang alami sering bersin. (Sumber : Freepik.com/benzoix)

Ilustrasi seseorang alami sering bersin. (Sumber : Freepik.com/benzoix)

LABVIRAL.COM - Bersin di pagi hari secara terus menerus kadang memang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab sering bersin di pagi hari dan cara mengatasinya memang penting.

Kondisi bersin di pagi hari jangan pernah diremehkan. Sering bersin di pagi hari bisa jadi sedang mengalami kondisi rhinitis.

Kondisi rhinitis ini merupakan peradangan yang terjadi pada rongga mulut akibat reaksi alergi. Gejala rhinitis ini bisa timbul pada peradangan pada membran mukosa yang diakibatkan oleh bakteri, alergi, dan virus.

Baca Juga: Doa Ketika Bersin Lengkap dengan Artinya Sesuai Sunnah

Baca Juga: Sekilas Mirip, Inilah 4 Perbedaan Amandel dan Radang Tenggorokan

Kondisi rhinitis ini juga menjadi salah satu sebab mengapa kita bisa sering bersin di pagi hari. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa kita sering bersin di pagi hari yang penring diketahui.

Penyebab Sering Bersin di Pagi Hari

  • Rhinitis alergi

Salah satu jenis rhinitis yakni alergi. Ini disebabkan oleh reaksi alergi pada debu, serbuk sari, atau asap rokok. Kondisi rhinitis alergi inilah yang bisa membuat daerah hidup dapat menyebabkan bersin tiap pagi.

  • Rhinitis non-alergi

Jenis dari rhinitis satunya yakni non-alergi. Jenis ini biasanya terjadi pada peradangan di bagian dalam hidung. Hal inilah yang kemudian menyebabkan bersin di pagi hari. Apalagi ditambah adanya paparan udara dingin, makanan, dan minuman bisa memicu rhinitis non-alergi yang mengakibatkan sering bersin.

  • Sinusitis

Penyebab sering bersin di pagi hari berikutnya yakni gara-gara masalah sinusitis. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya iritasi pada saluran hidung yang merangsang lendir atau ingus keluar hidung.

  • Udara kering
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini