Tidak Disarankan, Minum Jus Buah Ternyata Bisa Sebabkan Peradangan Kulit Wajah

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:07 WIB
Ilustrasi jus buah. (Sumber : Freepik/Racool_studio)

Ilustrasi jus buah. (Sumber : Freepik/Racool_studio)

LABVIRAL.COM - Mengkonsumsi buah dan sayuran bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah karena kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Banyak cara untuk bisa mengkonsumi buah dan sayuran, dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus.

Namun, seorang ahli gizi, Dr. Vishkha, menjelaskan bahwa buah dan sayuran tersebut lebih baik dimakan langsung, dan tidak direkomendasikan untuk dijadikan jus.

Baca Juga: 4 Obat Rumahan Murah Mampu Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

"Jerawat paling sering dipicu karena peradangan. Seseorang perlu menjaga hormonnya tetap seimbang sehingga tidak mudah jerawatan dan dapat mencegah peradangan," jelas Dr. Vishkha dikutip Labviral.com dari laman Ndtv

"Meskipun benar bahwa buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan dan anti-inflamasi yang baik. Tapi, menjadikan buah dan sayuran sebagai jus tidak direkomendasikan, karena hal itu bisa menyebabkan peradangan."  

Masih menurut Dr Vishkha, ketika membuat jus buah, kandungan selulosa yang terdapat di dalam buah dan sayiran akan mengalami perubahan tekstur, dan tubuh akan mendapatkan jumlah gula (fruktosa) yang berlebih. 

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Munculnya Jerawat pada Tubuh

"Fruktosa adalah jenis gula buruk. Jadi, jangan berpikir bahwa buah itu sehat karena penuh dengan vitamin dan antioksidan. Gula, apakah itu alami atau diproses, hampir selalu akan menyebabkan peradangan, lonjakan insulin dan berakhir dengan jerawat," bebernya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini