4 Obat Rumahan Murah Mampu Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:05 WIB
Ilustrasi, bibir kering atau bibir pecah pecah

Ilustrasi, bibir kering atau bibir pecah pecah

LABVIRAL.COM - Bibir kering dan pecah-pecah bisa terjadi ketika bibir kehilangan kelembapannya. Hal itu membuat kulit yang melapisi bibir menjadi kering hingga pecah-pecah, bahkan membuat iritasi.

Apabila kondisi tersebut dibiarkan dan tidak diobati, nantinya akan menyebabkan permasalahan kesehatan pada bibir bahkan bisa menjadi lebih buruk, di mana bibir menjadi hitam, gelap, iritasi atau bahkan berdarah hingga mengelupas.

Terlebih, bibir tidak seperti bagian kulit lainnya. Sebab bibir tidak mempunyai kelenjar minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Munculnya Jerawat pada Tubuh

Ada banyak faktor penyebab mengapa bibir menjadi kering. Contohnya, karena faktor cuaca yang dingin dan panas, kekurangin vitamin, dehidrasi atau kurang cairan, serta sedang mengalami penyakit tertentu.

Hal yang paling umum untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan lip balm, ini merupakan produk skincare untuk perawatan bibir agar lebih lembap dan sehat.

Namun, apabila lip balm tidak berfungsi dengan baik, Labviral.com punya tips untuk mengatasi bibir kering dengan obat rumahan seperti dikutip dari laman Ndtv.

Baca Juga: 3 Doa agar Terhindar dari Siksa Neraka yang Pedih, Yuk Amalkan Setiap Hari!

1. Shea Butter

Shea butter merupakan lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea Afrika yang memiliki manfaat sebagai pelembap untuk bibir. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini