5 Bahaya Buah Nanas bagi Kesehatan, dari Picu Alergi hingga Rusak Gigi

Sunardi
Selasa 01 Agustus 2023, 20:27 WIB
Ilustrasi nanas yang siap disantap. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi nanas yang siap disantap. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Salah satu buah yang segar untuk dikonsumsi ketika siang hari yakni nanas. Buah yang memiliki warna kuning tersebut memang enak untuk dimakan. Namun, selain mengandung nutrisi, nanas juga mengandung bahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Mengonsumsi nanas secara berlebihan bisa memicu adanya efek samping yang serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bahaya buah nanas bagi kesehatan.

Selain itu, nanas ini memang dikenal banyak mengandung vitamin dan mineral. Manfaat yang diberikan oleh nanas seperti bisa menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan asam urat, melembabkan kulit, menguatkan kulit, menguatkan tulang, bagus untuk pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, di sisi lain, buah nanas ini juga bisa memicu masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah bahaya buah nanas bagi kesehatan.

Baca Juga: Seperti Ini Manfaat Nanas Bagi Kesehatan yang WAJIB Kamu Ketahui, Salah Satunya Menjaga Kesehatan tulang

Baca Juga: Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan hingga 2 Kg dalam 3 Hari, Ayo Buktikan!

Bahaya Buah Nanas bagi Kesehatan

Ilustrasi nanas yang masih segar.Ilustrasi nanas yang masih segar. (Freepik.com/8photo)

1. Picu alergi

Bahaya buah nanas bagi kesehatan yang pertama yakni picu alergi. Nanas bisa menyebabkan alergi lateks yang bisa terjadi pada beberapa orang. Sebagian alergi jenis ini akan hilang dengan sendirinya. Biasanya, alerg nanas bisa diatandai dengan kelembutan berlebihan di bibir atau sensasi kesemutan di tenggorokan.

2. Reaksi bromelain

Bahaya buah nanas bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan yakni bisa memicu reaksi bromelain. Enzim tersebut bisa ditemukan di dalam jus dan batang babas. Namun, keberadaan enzim tersebut bisa membuat reaksi pada tubuh.

Enzim bromelain ini memiliki sifat antikoagulan yang bisa meningkatkan risiko pendarahan ketika dikonsumsi bersamaan dengan pengencer darah. Efek sampingnya, biasanya akan mengalami muntah, mulas, dan sakit perut.

3. Berpengaruh ke kadar gula darah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini