Ketahui, Ini Gejala Tipes pada Orang Dewasa

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 22:14 WIB
Ilustrasi, tipes

Ilustrasi, tipes

LABVIRAL.COM - Tipes atau Salmonella Typhi tak hanya menyerang imun tubuh anak-anak, melainkan juga menyerang imun orang dewasa. Tetapi, biasanya gejala tipes pada orang dewasa baru akan muncul setelah bakteri selesai melalui masa inkubasinya.

Masa inkubasi pada orang dewasa akan masuk dan terlihat setelah 7 atau 14 hari. Namun, apabila imunitas tubuh sedang lemah, gejala bisa muncul setelah 3 hari. Gejalanya pun sangat beragam, ada yang ringan dan ada pula yang merasakan gejala yang lebih berat.

Penyakit ini banyak ditemukan pada makanan atau minuman yang terlah terkontaminasi. Tapi, jangan anggap sepele, berikut Labviral.com jabarkan gejala tipes pada orang dewasa yang perlu diwaspadai:

Baca Juga: Berbeda dengan Tipes, Lalu Apa Gejala Penyakit Tifus?

1. Demam

Demam merupakan gejala pertama yang akan dirasakan penderita tipes. Hal ini disebut sebagai respon peradangan saat sistem imun melawan infeksi.

Proses tersebut membuat sistem imun memproduksi sel darah putih, antibodi, dan zat baik lainnya dan dibawa aliran darah menuju hipotalamus untuk menaikkan suhu tubuh.

Pada orang dewasa, demam akibat tipes juga kadang disertai dengan sakit kepala.

Baca Juga: Musim Hujan Rentan Perut Kembung, Coba Lakukan Tips Ini

2. Perut Bermasalah

Saat terkena tipes, tak jarang orang dewasa merasakan perut yang bermasalah seperti rasa sakit pada bagian perut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini