Sang Buah Hati Terkena Tipes, Begini Cara Menanganinya

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 22:22 WIB
Ilustrasi anak yang terkena penyakit tipes

Ilustrasi anak yang terkena penyakit tipes

LABVIRAL.COM - Saat sang buah hati terkena penyakit tipes pasti membuat panik orang tua, sebab penyakit tipes diklaim menjadi penyakit akut untuk anak-anak. Peran orang tua terbilang cukup penting, sebab bisa mengajarkan anak agar dapat menghindari sesuatu yang berisiko. Contohnya, jajan sembarangan, minum air tidak bersih, hingga tidak mencuci tangan setelah keluar dari toilet.

Namun apabila sudah terkena penyakit dari bakteri Salmonella typhi ini sebaiknya anak-anak mendapatkan perawatan di rumah sakit. Meski begitu, demam tipes ini biasanya dapat diobati dengan mengonsumsi antibiotic. Gejala yang timbul akan membaik setelah 2 hingga 3 hari pasca mengonsumsi antibiotik.

Baca Juga: Catat! Ini Makanan yang Pantang dan Dianjurkan untuk Anak Terkena Tipes

Orang tua perlu ingat bahwa antibiotik sangat penting untuk dihabiskan, agar dapat memastikan bakteri benar-benar dikeluarkan dari tubuh. Jika gejala semakin parah atau timbul masalah lainnya terkait penyakit tipes yang terjadi pada anak, cobalah untuk menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. 

Berikut Labviral.com bagikan penanganan yang harus dilakukan dari penyakit tipes pada anak, diantaranya:

  • Memperbanyak istirahat (bedrest) secara total agar tubuh dapat kembali bugar.
  • Pastikan anak minum banyak cairan dan makan secara teratur agar nutrisinya tetap terjaga. Memang nafsu makan biasanya menurun, ibu dapat mengakalinya dengan memberikan makanan dengan porsi sedikit tetapi lebih sering, sehingga tubuhnya cepat pulih.
  • Pentingnya menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun atau air hangat, agar dapat mengurangi risiko penyebaran infeksi ke orang lain.

Baca Juga: Saat Panik Menyerang, Lakukan 6 Cara Ini Agar Tetap Tenang

Pada anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun, sebaiknya tidak langsung menaruhnya di tempat penitipan anak meski terlihat sudah sehat. Hal ini dapat dilakukan setelah tes pada 3 sampel kotoran yang diambil dengan interval 48 jam untuk memastikan jika bakteri tersebut benar-benar sudah tidak ada lagi. Hal ini untuk mencegah penyebaran pada anak-anak lainnya.

Itulah penanganan untuk penyakit tipes pada anak, jangan biarkan tipes menganggu aktifitas si buah hati. Semoga bermanfaat!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini