Catat! Ini Makanan yang Pantang dan Dianjurkan untuk Anak Terkena Tipes

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 22:21 WIB
Ilustrasi anak yang terkena penyakit tipes

Ilustrasi anak yang terkena penyakit tipes

LABVIRAL.COM - Penyakit tipes pada anak tidak bisa disepelekan, apalagi ketika demamnya semakin meningkat setiap hari. Terlebih jika anak mengeluh sakit perut disertai diare atau sembelit. Apabila hal itu terjadi, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan sesuai.

Namun, selain mendapatkan perawatan tepat, orang tua juga harus berperan penting dalam memilah milih makanan untuk si anak agar bisa membatu mempercepat penyembuhan. Hoedhoed.com coba merangkum beberapa pantangan makanan yatng perlu diwaspadai dan makanan apa saja yang dianjurkan.

Baca Juga: Saat Panik Menyerang, Lakukan 6 Cara Ini Agar Tetap Tenang

Makanan Dianjurkan

  1. Makanan Kadar Air Tinggi

Tipes akan mambuat anak demam, kondisi ini juga bisa membuat anak mengalami dehidrasi karena air di dalam tubuh anak menguap.

Oleh karena itu, makanan yang direkomendasikan untuk anak yang terkena tipes adalah buah, atau jenis makanan lain yang memiliki kadar air yang tinggi seperti, jus buah segar, air kelapa, jus jeruk nipis, buttermilk, air yang diperkaya elektrolit, atau kaldu sup.

Baca Juga: 6 Risiko Investasi Jangka Panjang

  1. Makanan Tinggi Kalori

Anak yang terkena tipes sangat dianjurkan untuk makan makanan tinggi kalori. Anak bisa memenuhinya dengan mengonsumsi makanan seperti kentang rebus, pisang, nasi, pasta, atau roti putih.

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Memberikan makanan tinggi karbohidrat juga terbilang penting. Namun, makanan tinggi karbohidrat ini harus yang ringan, lembut, bahkan harus mudah dicerna oleh anak.

Makanan tersebut bisa berupa bubur sereal, nasi, telur rebus, kentang panggang, dan makanan kukus.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini