Saat Panik Menyerang, Lakukan 6 Cara Ini Agar Tetap Tenang

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 22:17 WIB
Ilustrasi, seseorang alami panic attack

Ilustrasi, seseorang alami panic attack

LABVIRAL.COM - Kamu pasti pernah mendengar istilah panic attack? Serangan panik ini bisa menyerang siapa saja. Bahkan, dapat menimbulkan gejala fisik. Diantaranya, sulit bernapas, sakit di sekitar dada, hingga ada yang hampir pingsan karenanya.

Ada juga yang mengaku saat ia merasa panik, dia tidak mampu berpikir. Malahan, ada yang hanya terdiam seketika, seolah tidak mampu bergerak. Hati-hati, serangan panik seperti ini bisa sangat mengganggu. Apalagi, jika terjadi saat tengah bekerja.

Jika kamu termasuk orang yang panikan, tak perlu khawatir sebab kondisi panik ini bisa dihilangkan dengan beberapa cara berikut ini, yang sudah LABVIRAL.com rangkum melalui lansiran beberapa sumber.

Baca Juga: Ketahui, Ini Gejala Tipes pada Orang Dewasa

1. Rehat

Kepanikan bisa terjadi karena banyak hal yang membebani kamu secara bertubi-tubi, dalam satu waktu. Misalnya, saat bekerja. Ada kesalahan yang telah dilakukan belum selesai, tiba-tiba berbagai tugas baru juga datang. Sementara, subordinat tidak dapat diandalkan.

Jangan merasa bahwa kamu akan selalu kuat untuk menghadapi beban-beban itu. Sebab, mesin saja bisa eror jika beban kerjanya berlebihan. Kalau memang mulai merasa panik, rehat sejenak. Berhenti dari apa yang sedang dilakukan agar pikiran bisa merasa tenang.

Baca Juga: Berbeda dengan Tipes, Lalu Apa Gejala Penyakit Tifus?

Ketika panik melanda, pikiran akan terus bekerja berusaha mengolah apa yang terjadi. Sehingga bisa saja semua hal menyatu seolah menjadi benang kusut yang sulit diurai. Oleh karena itu, istirahatkan diri sejenak.

Setelah merasa lebih tenang, barulah lanjut melakukan apa yang perlu dilakukan. Mungkin apa yang harus dihadapi akan sangat merepotkan. Tapi, sekarang kamu bisa berusaha mengatasinya tanpa perlu merasa panik.

2. Atur Napas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini