Suka Bingung? Ketahui Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Sesuai Usia

Sunardi
Rabu 16 Agustus 2023, 09:21 WIB
Ilustrasi menghitung kolesterol. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

Ilustrasi menghitung kolesterol. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu hal yang penting untuk diketahui yakni kadar kolesterol. Mengetahui dan menjaga kadar kolesterol memang penting. Seperti halnya kadar kolesterol yang sehat sesuai usia.

Kadar kolesterol yang sehat sesuai usia ini memang penting diketahui. Pasalnya, kadar kolesterol yang normal memang perlu dijaga. Hal ini berkaitan erat dengan risiko penyakit yang supaya bisa dihindari.

Sangat penting untuk mengetahui tingkat kolesterol normal berdasarkan usia dan jenis kelamin. Hal tersebut karena kadar kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan sirkulasi darah yang buruk.

Baca Juga: Jangan Kaget, Ternyata Kebiasaan Tidur Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi

Baca Juga: Meski Tinggi Kolesterol, Daging Burung Puyuh Unggul Segalanya dari Semua Kebaikan Daging Ayam

Lalu, seperti apa kadar kolesterol yang sehat sesuai usia? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kadar Kolesterol yang Sehat Sesuai Usia

  • Pria di bawah 19 tahun

Kadar kolesterol yang sehat untuk sesuai usia pria di bawah 19 tahun disarankan kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL (kolesterol jahat) kurang dari 110 mg/dL dan HDL lebih dari 45 mg/dL.

Sementara itu, untuk usia tersebut dikatakan memiliki kadar kolesterol yang tinggi jika jumlah kolesterol dalam darah mencapai lebih 200 mg/dL dengan jumlah LDL lebih dari 130 mg/dL.

  • Pria 20 tahun dan lebih

Kadar kolesterol yang sehat untuk sesuai usia pria 20 tahun dan lebih disarankan pada angka 125-200 mg/dL dengan LD kurang dari 100 mg/dL dan lebih dari 40 mg/dL.

  • Wanita di bawah 19 tahun
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini