Ini Bahaya Akibat Kecanduan Obat Sakit Kepala

Sunardi
Selasa 29 Agustus 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi seseorang yang alami sakit kepala. (Sumber : Freepik.com/master1305)

Ilustrasi seseorang yang alami sakit kepala. (Sumber : Freepik.com/master1305)

LABVIRAL.COM - Tubuh manusia memang didukung dengan kemampuan alami untuk mengatasi penyakit. Jika suatu saat terjangkit penyakit, tubuh tidak hanya meresponnya melalui gejala, tetapi juga bisa menumbuhkan mekanisme penyembuhan tersendiri.

Meski begitu, konsumsi obat juga masih penting sebagai bagian dari inisiasi kita agar kembali sehat. Bahkan, obat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan kita saat terserang penyakit. Hanya saja, konsumsi obat juga tetap diatur berdasarkan dari anjuran dokter.

Konsumsi obat secara terus-menerus sebagai solusi untuk penyakit apapun bisa membuat kita kecanduan. Tak terkecuali obat sakit kepala. Perasaan rileks bisa saja muncul setelah kita mengonsumsi obat sakit kepala. Namun, ketergantungan pada obat ini juga punya efek berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: 6 Bahaya Terlalu Banyak Minum Teh, Bikin Cemas hingga Sakit Kepala

Baca Juga: Ketahui Sakit Kepala pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Apa saja akibatnya?

1. Gangguan Pencernaan

Obat penghilang rasa sakit seperti sakit kepala punya efek tertentu terhadap pencernaan. Kecanduan pada obat jenis ini bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan lambung kita. Alhasil, gangguan pun timbul pada pencernaan kita.

2. Berefek pada Ginjal dan Hati

Memang, sakit kepala adalah penyakit umum yang dapat diidap manusia. Namun, bukan berarti munculnya penyakit tersebut mendorong kita untuk mencari cara sembrono untuk mengatasinya, seperti konsumsi obat sakit kepala berkepanjangan. Pasalnya, hal itu justru akan memicu risiko kesehatan lain, seperti gangguan pada fungsi ginjal dan hati.

3. Neurologis Terganggu

Tak hanya mengakibatkan kerusakan pada organ dalam tubuh. Obat sakit kepala juga punya efek serius terhadap sistem saraf kita sehingga memicu gangguan neurologis. Efek tersebut tentu akan dirasakan apabila kita mengonsumsi obat sakit kepala dengan dosis berlebihan dan terus-menerus.

4. Gangguan Tidur

Dilansir dari Alodokter.com, obat sakit kepala memang punya keunggulan untuk meredakan rasa pening. Namun, konsumsi berlebihan terhadap jenis obat tertentu juga bisa mengakibatkan tidur kita terganggu. Pasalnya, terdapat kandungan kafein di dalam obat sakit kepala tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini