8 Manfaat Bekam, Mulai dari Menyembuhkan Sakit Kepala hingga Mengatasi Jerawat

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 23:18 WIB
Ilustrasi - terapi bekam menyehatkan

Ilustrasi - terapi bekam menyehatkan

LABVIRAL.COM - Sudah dipraktikkan ribuan tahun lalu, terapi bekam atau disebut hijamah adalah pengobatan alternatif kuno yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Walau cara bekam terlihat menakutkan, terapi asal Timur Tengah ini banyak diminati banyak orang, baik yang tua hingga muda bisa mencoba terapi ini. 

Terapi bekam ini menggunakan metode dengan menghisap darah kotor dan racun di bagian tubuh tertentu seperti di punggung, kaki, tangan, perut, dan pinggang. 

Cara pengambilan darah kotornya yaitu dengan menghisap bagian tubuh menggunakan cangkir khusus  lalu mengolesi caiaran alkohol, racikan herbal, atau kertas khusus ke dalam cangkir dan membakarnya. 

Baca Juga: Berikut Lirik Lagu 'Khodijah Istri Nabi' – Syakir Daulay yang Kental dengan Nuansa Religi

Ketika api mati, barulah cangkir ditempel di atas permukaan kulit. Lalu, saat udara dalam cangkir mulai dingin, tekanan udara di cangkir akan menarik otot sehingga pembuluh darah akan melebar.

Sebagian orang menggunakan bekam sebagai terapi untuk meredakan kondisi penyakit. Adapun juga yang mengatakan dengan terapi bekam dapat membantu meredakan masalah kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bekam untuk kesehatan seperti hoedhoed lansir dari berbagai sumber :

Baca Juga: Selain Bikin Sehat, Hati-Hati! Ini 5 Efek Samping Terapi Bekam

1. Membuang racun

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini