7 Kebiasaan Buruk Mengemudi Ini Wajib Dijauhi, Agar Perjalanan Selamat Tanpa Masalah

Annisa Fadhilah
Senin 11 September 2023, 13:13 WIB
7 Kebiasaan Buruk Mengemudi Ini Wajib Dijauhi, Agar Perjalanan Selamat Tanpa Masalah (FOTO: Pixabay/gdbaker)

7 Kebiasaan Buruk Mengemudi Ini Wajib Dijauhi, Agar Perjalanan Selamat Tanpa Masalah (FOTO: Pixabay/gdbaker)

LABVIRAL.COM - Keamanan adalah aspek krusial yang harus selalu diperhatikan dalam aktivitas mengemudi. Sayangnya, masih banyak pengemudi yang belum sepenuhnya menyadari pentingnya faktor keamanan saat berada di jalan.

Banyak dari mereka cenderung hanya memprioritaskan kenyamanan tanpa mempertimbangkan keamanan. Hal ini tercermin dari tingginya angka pelanggaran dan kesalahan yang terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja selama mengemudi. Kekeliruan-kekeliruan tersebut tentu saja membahayakan bukan hanya bagi pengemudi itu sendiri, tetapi juga bagi orang lain yang berada di sekitarnya.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin, sebanyak 90% dari total kecelakaan lalu lintas di jalan terjadi akibat berbagai faktor seperti kelalaian, kurang ketaatan dan kekurangan keterampilan pengemudi dalam berkendara.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Aprilia RS 457, Motor Sport Ringkas dengan Performa Menakjubkan

Selain faktor-faktor yang telah dijelaskan oleh Kombes Pol Risyapudin, ternyata masih terdapat kesalahan-kesalahan lain yang seringkali diakibatkan oleh pengemudi dan dapat berakibat sangat serius.

Berikut Labviral.com berikan 7 kesalahan umum dalam mengemudi yang perlu dijauhi:

1. Berbelok secara tiba-tiba atau sampai kemudi terkunci

Tindakan berbelok secara tiba-tiba ini kerap dilakukan oleh pengemudi, terutama saat memarkir kendaraannya. Meskipun dapat mempercepat proses parkir, namun jika terlalu sering dilakukan hingga kemudi mencapai batasnya, hal ini dapat merusak komponen kemudi atau stir kendaraan.

Bagi kendaraan dengan sistem power steering hidrolik, memaksa kemudi sampai batasnya dapat merusak seal power steering dan bagian slang tekanan tinggi, yang pada akhirnya dapat membahayakan pengemudi ketika berbelok.

Baca Juga: Jangan Takut Lagi Lawan Kadita! 5 Hero Mobile Legends Ini Bisa Diandalkan untuk Melawannya, Tidak Perlu Diragukan Demagenya

2. Menyalakan lampu hazard saat hujan deras 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini