9 Faktor Penyebab Ban Mobil Pecah, Harus Dipahami untuk Hindari Kecelakaan dan Bahayakan Pengguna Jalan Lainnya!

Annisa Fadhilah
Senin 28 Agustus 2023, 18:10 WIB
Pecah Ban Mobil Saat Melaju, Harus Gimana? (FOTO: Shutterstock)

Pecah Ban Mobil Saat Melaju, Harus Gimana? (FOTO: Shutterstock)

LABVIRAL.COM - Insiden pecah ban mobil tidak bisa diprediksi sehingga setiap pengendara harus selalu berhati-hati dan mengecek kondisinya setiap hendak bepergian.

Pecah ban mobil sering kali menjadi faktor terjadinya kecelakaan beruntun, terutama di jalan tol atau jalan bebas hambatan. Dengan demikian, pecah ban mobil tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga pengguna jalan lainnya.

Untuk mencegah situasi yang berbahaya tersebut, penting bagi pengemudi untuk memiliki pemahaman mengenai beberapa faktor yang mungkin menyebabkan ban tiba-tiba pecah.

Baca Juga: Rekomendasi Helm Teringan tapi Aman, Ada RSV New Windtail dan RSVFFZero

Setidaknya ada sembilan faktor penyebab yang bisa menjadi pemicu terjadinya kerusakan ban mobil atau ban mobil pecah.

1. Tusukan benda tajam

Faktor pertama yang dapat menyebabkan ban mobil pecah adalah ketika ban tertusuk oleh benda tajam seperti paku, besi, baut, dan lain sebagainya.

Ketika kendaraan bergerak atau ban mobil berputar, ada kemungkinan ban akan mengenai benda keras dan tajam yang mengakibatkan robeknya dinding ban.

Terlebih saat ban kekurangan tekanan angin, benturan dengan benda tajam dapat dengan mudah merusak dinding ban hingga pecah.

2. Tekanan angin yang kurang

Ban yang memiliki tekanan angin yang optimal akan memberikan kekuatan dan mencegah kerusakan. Namun, jika tekanan angin terlalu rendah atau "under inflating", ban menjadi lebih rentan terhadap pecah di jalan yang memiliki permukaan panas.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini