Petunjuk Lengkap Memilih Ban Mobil, Jangan Langsung Percaya Rekomendasi Orang Bengkel

Annisa Fadhilah
Jumat 25 Agustus 2023, 15:30 WIB
Petunjuk Lengkap Memilih Ban Mobil, Jangan Langsung Percaya Rekomendasi Orang Bengkel (FOTO: Instagram.com/@Goodyear)

Petunjuk Lengkap Memilih Ban Mobil, Jangan Langsung Percaya Rekomendasi Orang Bengkel (FOTO: Instagram.com/@Goodyear)

LABVIRAL.COM - Cara memilih ban mobil yang tepat, mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Apalagi, ban merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah kendaraan.

Benda karet berbentuk bulat ini digunakan untuk menopang beban kendaraan dan muatannya, termasuk penumpang. Selain itu, ban menjamin kenyamanan dan keamanan. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang belum menyadari pentingnya merawat ban.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Berikut Bahan-bahan yang Mampu Mengusir Karat di Motor

Cara memilih ban mobil

Banyak yang masih sembarangan memilih ban karena tergiur dengan harga murah. Padahal, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih ban mobil. Berikut tips-tips memilih ban mobil buat kamu:

1. Pilih sesuai kebutuhan kamu

Cara memilih ban mobil yang pertama adalah dengan mengetahui kebutuhan masing-masing mobil. Misalnya saja bagi pemilik sedan, ketahui dulu apa kebutuhannya. Apakah mobil ini akan digunakan untuk akselerasi dengan kecepatan tinggi sesekali atau untuk mencari kenyamanan.

Pasalnya, ban khusus mobil yang menawarkan performa dan kenyamanan, memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Kemudian bagi pengguna mobil SUV, juga harus mempertimbangkan kebutuhan itu. Misalnya saja, kamu pengguna mobil SUV sering berkendara di jalan aspal mulus atau berlumpur. Kedua kontur tersebut membutuhkan ban yang berbeda.

Baca Juga: Kenapa Servis CVT Harus Dilakukan Secara Rutin, Kapan Waktu yang Paling Tepat Servis CVT?

Bagi mobil SUV yang sering bepergian di aspal datar, sebaiknya menggunakan ban Highway Terrain (HT). Sayangnya, ban ini kurang cocok digunakan di jalanan berbatu dan berlumpur.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini