Bahaya Minum Air Sambil Berdiri, Ini Cara yang Benar

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:53 WIB
Ilustrasi, minum air putih saat berdiri

Ilustrasi, minum air putih saat berdiri

LABVIRAL.COM - Minum air tidak hanya membantu tetap terhidrasi tetapi juga mengatur suhu tubuh dan mempertahankan banyak fungsi tubuh seperti membuang racun dari ginjal, dan juga membuat nutrisi tersedia untuk tubuh.

Namun, apakah ada waktu yang ideal untuk minum air? Ya, pakar kebugaran, Sonia Bakshi, mengatakan di akun Instagramnya @_dancetofitness_ ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika minum air. 

Berikut aturan terbaik saat minum air putih untuk kesehatan tubuh :

Baca Juga: 5 Makanan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, Yuk Dilihat!

1. Jangan pernah minum air ketika makan. 

"Segelas atau lebih air dengan makanan sangat menghambat kekuatan pencernaan perut Anda dan menyebabkan kadar insulin berfluktuasi secara signifikan. Jika perlu, teguk sedikit air ketika makan," jelas Bakshi.

2. Selalu minum air putih satu jam setelah makan. Ini akan membuat tubuh menyerap nutrisi makanan lebih baik.

3. Minumlah setidaknya segelas air di pagi hari, saat bangun tidur. Ini dapat membantu melawan penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Jika kamu merasa lelah pada sore hari, kemungkinkan kamu merasa dehidrasi. Maka dari itu, minumlah segelas air di sore hari untuk mengatasi kelelahan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Kenali Ciri-ciri Penyakit TBC Aktif

Sementara, menurut Dr Dixa Bhavsar dikutip dari laman Indianexpress menyebutkan, seseorang dilarang minum air putih sambil berdiri. Karena, dapat mengganggu saluran pencernaan. 

"Hindari minum air putih sambil berdiri karena dapat memiliki efek buruk pada ginjal dan bahkan dapat menyebabkan radang sendi. Duduk sambil minum air memungkinkan tubuh untuk menyaring nutrisi dengan lebih baik dan mengarahkannya ke area yang membutuhkan nutrisi, daripada langsung masuk ke perut," jelasnya.

Baca Juga: Cara Paling Benar Sendawakan Bayi, Tips dari Bu Bidan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini