5 Makanan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, Yuk Dilihat!

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:50 WIB
Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

LABVIRAL.COM -  Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Umumnya penyakit ini lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun. Kalau wanita, penyakit ini biasanya muncul setelah terkena menopause.

Rasa sakit yang dialami penderita asam urat bisa berlangsung selama rentang waktu 3 hingga 10 hari, dengan perkembangan yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Kenali Ciri-ciri Penyakit TBC Aktif

Nah, berkaitan dengan penyakit ini, dikutip dari Youtube Emasuperr, Labviral.com akan lampirkan kepada kamu tentang makanan-makanan apa saja yang secara alami bisa membantu menurunkan asam urat. Apa saja itu, yuk simak di bawah ini.

Seledri

Seledri mengandung luteolin, 2N butilfalat, beta selinene yang dapat membantu memberikan perlindungan dari peradangan atau bengkak bengkak nyeri pada asam.   Seledri dapat dimakan langsung, dibuat jus dicampur dalam masakan. Di dalam kapsul ataupun dimakan langsung dengan dosis sekitar lima gram per kilogram berat badan, dikonsumsi dua kali sehari selama satu sampai dua minggu untuk membantu menstabilkan kadar asam urat tubuh.

Baca Juga: Cara Paling Benar Sendawakan Bayi, Tips dari Bu Bidan

Kunyit

Kunyit atau juga disebut dengan Curcuma domestica ini mengandung flexofittol yang dapat membantu mengobati peradangan asam urat. Ketika Kamu rutin mengkonsumsi jamu yang mengandung kunyit, itu bisa menurunkan rasa sakit akibat peradangan atau pembengkakan karena asam urat. Kunyit dapat digunakan dengan dosis sekitar 500 mg setiap hari sebanyak dua kali dalam sehari.

Kayu Manis

Kayu manis dapat menghambat katalis yang terlibat dalam pembentukan asam urat. Minyak kayu manis dengan dosis sekitar 600 mg per kg sama efektifnya dengan obat allopurinol yang dapat membantu menurunkan asam urat di areal hati.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini