Jangan Takut Makan Telur karena Kolesterol dan Lemak Jenuh! Ini Kandungan Telur dan Manfaatnya Biar Selalu Sehat dan Bugar

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 29 Februari 2024, 17:03 WIB
Jangan Takut Makan Telur karena Kolesterol dan Lemak Jenuh! Ini Kandungan Telur dan Maanfaatnya Biar Selalu Sehat dan Bugar (FOTO: Freepik/jannoon028)

Jangan Takut Makan Telur karena Kolesterol dan Lemak Jenuh! Ini Kandungan Telur dan Maanfaatnya Biar Selalu Sehat dan Bugar (FOTO: Freepik/jannoon028)

LABVIRAL.COM - Apakah kamu adalah salah satu orang yang menghindari telur karena takut dengan kolesterol? Atau mungkin saat makan telur, hanya diambil bagian putihnya saja dan membuang kuningnya? Ini dia sebabnya, konsumsi telur tiap hari itu berbahaya.

Dokter Hans di channel Youtube SB30 Health, membahas mengenai seputar telur dan kolesterol dan bahaya-bahaya lain yang diakibatkan karena konsumsi telur yang seringkali kita dengar.

Banyak orang saat ini berpikir bahwa makan telur akan meningkatkan kolesterol. Alasan kedua adalah tinggi lemak jenuh yang akan membawa masalah jantung hingga pembuluh darah. Apakah kamu adalah salah satunya yang berpikir seperti itu? Itu adalah kekeliruan.

Baca Juga: Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya

Mari kita bahas dulu mengenai kandungan nutrisi yang terkandung dalam satu butir telur ayam. Sebutir telur ayam memiliki kandungan kalori sebesar 78 kalori. Apakah itu besar?

“Sebetulnya, termasuk sangat kecil ya, karena kebutuhan kalori rata-rata orang aja sekitar 1.500 sampai 2.000 kalori,” katanya.

Sebutir telur juga memiliki total lemak 5 gram. Di dalam total fat ini, ada kandungan lemak jenuh sekitar 1,5 gram atau kurang lebih sekitar 8-10%. Sedangkan total karbohidratnya sangat rendah, yaitu kurang dari 1 gram, lalu protein yang paling besar yaitu sebesar 6 gram.

Baca Juga: Makan Telur Kurangi Risiko Kardiovaskular 60 Persen, Dadar atau Mata Sapi?

“Semakin besar ukuran telurnya, tentunya kandungan proteinnya juga semakin besar, karena putihnya semakin besar kuningnya juga semakin besar. Kandungan protein dalam kuning telur itu lebih tinggi dibandingkan putih telur karena memang protein itu terkandung di dalam kuning telur dan putih telur. Tapi memang di telur itu tidak mengandung kolesterol yang selama ini ditakutkan,” sambungnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Mom

Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya

Selasa 09 Mei 2023, 23:34 WIB
Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya
Berita Terkini