Cara Merawat Scoby Kombucha Dengan Baik dan Benar Agar Tidak Gagal Panen

Aci
Selasa 19 Maret 2024, 13:32 WIB
Cara merawat scoby kombucha (Sumber : Istockphoto.com)

Cara merawat scoby kombucha (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Merawat SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast) dengan baik adalah kunci untuk menghasilkan kombucha yang sehat dan lezat secara konsisten. 

Untuk itu kamu perlu melakukannya dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa langkah penting untuk merawat SCOBY:

1. Lingkungan yang Bersih

Pastikan lingkungan di sekitar SCOBY Anda bersih. Cuci tangan Anda sebelum menyentuh SCOBY atau peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan kombucha.

2. Penyimpanan yang Tepat

Simpan SCOBY dalam cairan kombucha yang bersih di dalam wadah tertutup rapat. Wadah yang ideal adalah kaca atau keramik. Jangan pernah menyimpan SCOBY dalam wadah plastik atau logam.

Baca Juga: Mengenal Serabut Scoby Pada Kombucha

3. Pemeliharaan Rutin

Ganti cairan kombucha dalam wadah SCOBY setidaknya setiap satu hingga dua minggu sekali. Ini membantu menjaga kesehatan SCOBY dan mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri yang tidak diinginkan.

4. Pemisahan SCOBY

Jika SCOBY tumbuh terlalu tebal, pisahkan lapisan-lapisan SCOBY yang baru terbentuk. Ini membantu SCOBY tetap sehat dan meminimalkan risiko kontaminasi.

5. Jaga Suhu yang Konsisten

Usahakan agar suhu lingkungan tempat Anda menyimpan SCOBY tetap stabil. Suhu ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme dalam kombucha adalah sekitar 20-30°C.

Baca Juga: Mengenal Mother Scoby Pada Kombucha

6. Penggunaan Bahan Baku yang Berkualitas

Gunakan bahan baku yang berkualitas tinggi saat membuat teh untuk kombucha Anda. Gunakan teh hitam atau teh hijau yang tidak mengandung tambahan bahan kimia.

7. Jaga Kelembaban yang Seimbang

Pastikan kondisi lingkungan tempat Anda menyimpan SCOBY tidak terlalu lembab atau terlalu kering. Kelembaban yang seimbang membantu pertumbuhan mikroorganisme yang sehat.

8. Perhatikan Tanda-tanda Bahaya

Perhatikan tanda-tanda SCOBY yang tidak sehat, seperti perubahan warna, bau yang tidak normal, atau pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, pertimbangkan untuk membuang SCOBY tersebut dan memulai dengan SCOBY yang baru.

Baca Juga: Cara Panen Kombucha, Anti Gagal Ikuti Langkah Langkah Berikut Ini!

Dengan merawat SCOBY Anda dengan baik, Anda dapat menghasilkan kombucha yang berkualitas tinggi secara konsisten dan menikmati manfaat kesehatannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau kekhawatiran tentang kesehatan SCOBY Anda, selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli kombucha atau praktisi kesehatan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Style

Mengenal Serabut Scoby Pada Kombucha

Selasa 19 Maret 2024, 13:27 WIB
Mengenal Serabut Scoby Pada Kombucha
Style

Mengenal Mother Scoby Pada Kombucha

Selasa 19 Maret 2024, 13:24 WIB
Mengenal Mother Scoby Pada Kombucha
Berita Terkini