Ibu Hamil Boleh Duduk Bersila?

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 19:21 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Kehamilan waktu yang penting dalam kehidupan seorang wanita. Selama sembilan bulan, karena perut yang membesar, beberapa ibu hamil mungkin merasa sulit atau tidak nyaman untuk duduk dalam posisi tertentu, salah satunya bersila.

Lantas, bolehkah ibu hamil duduk bersila?

Ada beberapa keraguan mengenai apakah ibu hamil bisa duduk bersila. Menurut Dokter Kandungan dan Janin, Deepthi Jammi, sebenarnya tidak ada masalah mengenai keamanan janin jika ibu hamil memilih untuk duduk bersila, terutama jika mereka telah melakukannya sepanjang hidup.

Baca Juga: Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan hingga 2 Kg dalam 3 Hari, Ayo Buktikan!

“Dengan kehamilan yang benar-benar sehat dan tidak ada pendarahan dan bercak setelah duduk, seorang wanita pasti bisa duduk dengan posisi ini,” ujar Jammi melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, dikutip Labviral.com dari Indian Express Senin (20/3/2023).

Deepthi Jammi juga mengatakan duduk besila sangat baik bagi ibu hamil, terutama untuk menguatkan bagian panggul.

“Duduk bersila sangat baik untuk tulang panggul Anda. Bahkan sebelum melahirkan, senam kupu-kupu dan squat harus dilakukan. Sama sekali tidak perlu khawatir,” tambah Jammi.

Baca Juga: Gampang! Ini Syarat dan Cara Mendaftar QRIS

Sementara itu, Konsultan Dokter Kandungan, Ginekolog dan Pengobatan Reproduksi dari Rumah Sakit Masina, Rana Choudhary, memperingatkan bahwa duduk dalam posisi bersila tidak disarankan untuk ibu hamil yang menderita nyeri panggul (PGP) dan disfungsi simfisis pubis (SPD).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini