5 Tips Mudah Agar Buah dan Sayur Tetap Awet dan Segar

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 23:16 WIB
Ilustrasi Buah dan Sayuran Segar

Ilustrasi Buah dan Sayuran Segar

LABVIRAL.COM - Berfungsi sebagai lemari pendingin, kulkas digunakan sebagai tempat menyimpan makanan, minuman dan bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan agar tetap awet dan menjaga kualitas agar tidak mudah busuk. 

Namun, selain menyimpan di dalam kulkas, ada beberapa cara menyimpan yang tepat agar sayuran dan buah-buahan tahan lama, tetap segar dan tidak mudah membusuk.

Berikut ini, dilansir Labviral.com dari laman Food Ndtv, akan membeberkan tips dan cara menyimpan sayur dan buah segar untuk rentang waktu yang lebih lama, yuk disimak!

Baca Juga: Jangan Tanya Lagi! Ini Alasan Banyak Orang Suka Cokelat

1. Rencanakan

Sebelum membeli buah-buahan dan sayuran, sebaiknya mencatat apa yang harus dibeli dan dibutuhkan. Dengan cara ini, kamu tidak membelinya terlalu berlebih dan sayuran dan buah tersebut tidak mudah membusuk karena terlalu lama disimpan.

2. Bersihkan lalu Dikeringkan

Membersihkan sayuran dan buah setelah membelinya adalah hal yang penting untuk membuang kotoran dan bakteri yang menempel. Lalu, setelah dibersihkan jangan lupa dikeringkan di dalam wadah tersendiri. Sebab, kelebihan air pada buah dan sayuran dapat merusak bahan makanan tersebut lebih cepat, sehingga mudah membusuk.

Baca Juga: Dapatkan Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Buah

3. Potong dan Simpan

Khusus untuk sayuran berdaun hijau, selalu disarankan untuk membersihkan, lalu dikeringkan kemudian dipotong dan simpan di dalam wadah kedap udara. Cara tersebut dapat membantu mengunci kelembapan dan menjaga tetap segar untuk waktu yang lama.

4. Bersihkan dengan Cuka

Buah-buahan seperti beri dan anggur harus dicuci dalam campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Lalu setelah dicuci, buah dan sayuran ditirskan hingga kering dan disimpan di dalam wadah yang dilapisi kertas masak (baking paper).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini