Biar Semangat, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi untuk Pekerja Kantoran

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 23:20 WIB
Ilustrasi, kopi

Ilustrasi, kopi

LABVIRAL.COM - Minum kopi merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh pekerja kantoran. Dengan minum kopi, dipercaya dapat mencegah kantuk dan meningkatkan energi saat bekerja. 

Oleh karena itu, coffee break sangat dibutuhkan oleh para pekerja agar mereka tetap produktif dan fokus. Coffee break merupakan waktu singkat di mana seseorang berhenti bekerja sesat untuk beristirahat, minum kopi atau makan makanan ringan.

Menurut studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh Office Freedom, penelitian ini mengambil sampel 2 ribu karyawan. Hasilnya, pekerja paling produktif pada pukul 10.22 dan akan mencapai peningkatan produktivitas pada 13.27. Lalu, penelitian ini juga menemukan tingkat pekerja akan terus memburuk sepanjang sore pada pukul 14.06.

Baca Juga: Cara Menyimpan Bawang yang Benar, Antijamur dan Tahan Sampai 6 Bulan

Dalam penelitian ini, minum kopi ditemukan sebagai sah satu dari tiga cara teraras untuk mendapatkan energi saat bekerja di kantor, selain berjalan-jalan di luar dan minum secangkir teh.

Oleh karena itu, para pekerja yang ingin tetap produktif di sore hari, sebaiknya menjadwalkan diri untuk coffee break pada pukul 13.27 untuk menghindari kantuk di sore hari. 

Dalam psikologi, kafein bekerja di otak dengan mengambil reseptor adenosin yang secara alami memberi sinyal pada otak di tubuh untuk melambat ketika lelah.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Agar Buah dan Sayur Tetap Awet dan Segar

"Sehingga, tubuh akan berpikir bahwa ia memiliki lebih banyak energi," jelasnya dikutip LABVIRAL.com dari laman Mirror.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini