Tidak Hanya Kurang Tidur, Ini Faktor-faktor Penyebab Mata Panda

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 20:33 WIB
Ilustrasi - seorang wanita matanya sehat karena mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A

Ilustrasi - seorang wanita matanya sehat karena mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A

LABVIRAL.COM - Mata panda merupakan kondisi dimana kantung mata terlihat lebih gelap dan sedikit menggembung dan terdapat kerutan. Kondisi mata panda sendiri seringkali dikaitkan dengan kondisi dimana seseorang kurang tidur.

Yap, memang kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami mata panda. Tapi perlu kamu tahu kondisi mata panda tidak terjadi hanya karena kurang tidur saja lho! Terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata panda. Berikut ini Labviral.com jelaskan faktor-faktor penyebab mata panda selain kurang tidur, yuk disimak!

Kebiasaan menatap layar

Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam terlalu sering dan dalam waktu lama akan mengakibatkan ketegangan pada mata. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

Baca Juga: Tips Mengatasi Mata Panda, Gak Perlu Minder Lagi!

Paparan sinar matahari

Bukan hal yang aneh, jika paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih gelap, hal tersebut dikarenakan tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. 

Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap. Terlebih jika seseorang sering menggunakan masker, namun tidak dengan kaca mata sehingga paparan sinar matahari akan lebih terasa pada bagian sekitar mata.

Baca Juga: Mata Panda Bisa Permanen! Simak Penjelasannya

Dehidrasi

Dehidrasi dimana kondisi tubuh yang kekurangan cairan, pada saat tubuh mengalami dehidrasi  kulit di bagian bawah mata akan terlihat cekung dan kusam. Hal ini juga dapat memicu munculnya mata panda.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Kantung mata atau mata panda juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini