Sering Keramas Bikin Rambut Rontok, Yuk Kenali Penyebab Lainnya!

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 22:12 WIB
ilustrasi - seorang wanita keramas dengan air hangat

ilustrasi - seorang wanita keramas dengan air hangat

LABVIRAL.COM - Rambut rontok adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Ada banyak penyebab rambut rontok, yaitu penggunaan cat rambut, terlalu sering keramas dan faktor genetik yang paling umum terjadi pada pria.

Sam Cinkir, dokter spesialis kulit mengatakan, kebanyakan orang mencuci rambut sesering mungkin. Padahal, keseringan keramas bisa menjadi penyebab rambut rontok. Sebaiknya, keramas cukup sekali atau dua kali dalam seminggu.

"Memang kebesihan sudah ditanamkan sejak usia dini, tetapi itu namanya berlebihan," katanya dikutip Labviral.com dari laman dailypost.

Baca Juga: 5 Vitamin Terbaik untuk Atasi Rambut Rontok, Yuk Dicoba!

Selain rontok, Cingkir mengatakan, keramas terlalu sering menyebabkan rambut kusut, ujung rambut bercabang, mudah patah, kepala kering dan gatal.

"Rambut kita menghasilkan minyak alami yang disebut sebum yang membantu melindungi dari kerontokan dan kelembapan. Tetapi, dengan keramas terlalu sering dapat menghilangkan sebum dan membuat rentan terhadap kerusakan rambut," tuturnya.

 "Walau rambut terlihat berminyak, pastikan untuk tidak terlalu sering keramas," imbuhnya.

Baca Juga: Mengenal Treatment dari DNA Ikan Salmon, Gimana Sih Prosesnya?

Cinkir pun memberikan saran bagi yang memiliki rambut halus, harus keramas dua kali seminggu, atau tiga kali dalam seminggu jika benar-benar diperlukan. Sebab, orang dengan rambut halus lebih cenderung memiliki lebih banyak kelenjar minyak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini