Kenapa Makanan Pedas Bikin Nagih?

Sunardi
Rabu 22 Maret 2023, 14:04 WIB
Ilustrasi makanan pedas siap disantap (Sumber : Freepik.com/stockking)

Ilustrasi makanan pedas siap disantap (Sumber : Freepik.com/stockking)

LABVIRAL.COM - Makanan pedas disukai oleh banyak kalangan. Termasuk di Indonesia, jenis makanan pedas ini hampir bisa dijumpai di seluruh wilayah negeri. Namun, apakah kamu tahu kenapa makanan pedas bikin nagih?

Makanan pedas merupakan satu dari banyak jenis makanan yang populer. Apalagi di masyarakat Indonesia sekitar 93,6 persen menyukai makanan pedas. Sedangkan, yang tidak terlalu menyukai makanan pedas hanya 6,4 persen saja. Hal ini menjadi salah satu fenomena tersendiri.

Dengan melimpahnya tanaman dan jenis cabai yang ada di Indonesia tentu jadi salah satu faktor mengapa konsumsi makanan pedas bisa begitu populer.


Alasan makanan pedas itu enak

Ilustrasi makanan pedas.

Namun, alasan apa yang bisa membuat makanan jenis pedas ini bisa terus populer dari masa ke masa? Salah satu jawabannya adalah makanan pedas memiliki kandungan zat capsaicin. Zat ini dianggap mampu membuat rasa sakit pada lidah. Rasa sakit ini kemudian membuat otak memerintahkan hormon endorfin supaya meredakan rasa nyeri tersebut.

Di sisi lain saat otak sedang meredakan rasa nyeri tersebut, otak juga mengeluarkan hormon dopamine yang bisa memicu rasa bahagia. Hal inilah yang membuat kamu terus merasa bahagia saat mengonsumsi makanan pedas.

Baca Juga: 6 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan, dari Obati Kanker hingga Kekebalan Tubuh

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib dari Makanan Pedas, Rugi kalau Belum Tahu

Baca Juga: Pria Suka Makan Pedas Memiliki Gairah Seks yang Tinggi, Mitos atau Fakta?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini