6 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan, dari Obati Kanker hingga Kekebalan Tubuh

Sunardi
Senin 13 Maret 2023, 12:06 WIB
Ilustrasi makanan pedas. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi makanan pedas. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Makanan pedas memang beragam dan hampir bisa ditemui di wilayah Indonesia. Makanan pedas selain menawarkan cita rasa yang kuat, juga terdapat manfaatnya bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat makanan pedas untuk kesehatan?

Masyarakat Indonesia memang terkenal suka makanan pedas. Dikutip dari survei Licorice, bahwa 93,6 persen orang Indonesia menyukai makanan pedas. Sedangkan, yang tidak terlalu menyukai makanan pedas hanya 6,4 persen.

Data survei tersebut jelas menunjukkan jika konsumsi makanan pedas populer di masyarakat Indonesia. Lalu, manfaat apa saja yang bisa diberikan makanan pedas untuk kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ilustrasi seorang wanita yang memiliki kondisi tubuh bugar.

Makanan pedas memang memiliki sensasi tersendiri. Salah satunya adalah bisa mendorong kinerja metabolisme tubuh. Zat capsaicin yang ada di kandungan makanan pedas memiliki efek termogenik yang bisa meningkatkan suhu tubuh. Hal ini berdampak pada pembakaran lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kuku yang Bersumber dari Makanan

Baca Juga: Bisnis Makanan Pedas Masih Moncer, Yuk Disimak Cara Untuk Memulainya Agar Berhasil


2. Membantu pengobatan kanker

Ilustrasi seorang wanita yang terkena kanker.

Manfaat lain dari makanan pedas adalah membantu pengobatan kanker. Dilansir dari Molecules (2021), bahwa zat capsaicin bisa memicu kematian sel kanker. Zat ini juga bisa menghambat pertumbuhan jaringan kanker lambung.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini